cara mematikan laptop asus yang hang

Warta Berita Baru

Cara Mematikan Laptop Asus yang Hang

Langkah Awal

Langkah Awal

Sebelum Anda mencoba melakukan tindakan yang lebih drastis seperti mematikan laptop secara paksa, pastikan bahwa laptop Anda benar-benar hang dan bukan sedang lambat dalam menjalankan tugas-tugasnya. Biasanya, laptop yang sedang lambat akan menunjukkan respons yang lebih lambat dalam berbagai aplikasi dan fungsi, sementara laptop yang benar-benar hang akan sepenuhnya tidak merespons, dengan baik dalam menanggapi mouse maupun tombol keyboard.

Force Shutdown

Force Shutdown

Jika Anda yakin bahwa laptop Anda benar-benar hang, Anda bisa mencoba memaksa mematikannya dengan menekan tombol power dan menahannya selama 5-7 detik hingga laptop mati. Hal ini dapat melibatkan kehilangan data yang tidak disimpan, jadi hanya akan digunakan sebagai bentuk tindakan terakhir jika tidak ada opsi lain yang tersedia.

Menghapus Battery

Menghapus Battery

Jika Force Shutdown tidak berhasil, opsi lain adalah untuk membuka baterai dari laptop dan melepaskannya dari port, sambil mencabut kabel listrik dari port daya. Biarkan laptop disembuhkan selama beberapa detik sebelum memasang baterai dan memasang kembali kabel daya. Ini dapat membantu mereset sistem dan memungkinkan komputer untuk kembali berfungsi seperti yang seharusnya. Menurut spesifikasi laptop Asus, beberapa model berhasil memperbaiki laptop hanya dengan melakukan operasi ini.

Kamu juga bisa mengaktifkan touchpad laptop Asus jika sedang bermasalah dan perlu menutup mouse eksternal di laptop.

Interupsi Sistem


Interupsi Sistem

Apakah laptop Anda sering mengalami hang atau tidak responsif? Salah satu solusi yang terbaik adalah dengan mematikan laptop secara paksa atau “force-shutdown”. Salah satu cara untuk melakukannya adalah dengan melakukan interupsi sistem

Cara melakukannya sangat mudah, yaitu dengan menahan tombol Ctrl + Alt + Del pada keyboard Anda. Biasanya, akan muncul sebuah layar dengan beberapa pilihan. Anda bisa memilih “Task Manager” untuk mematikan program yang sedang berjalan atau langsung memilih opsi “Shut Down”. Dengan melakukan interupsi sistem, laptop akan langsung mematikan program yang sedang berjalan dan akan menyimpan semua perubahan data secara otomatis.

Command Prompt

Command Prompt

Metode kedua yang bisa dilakukan untuk mematikan laptop asus yang hang adalah dengan menggunakan Command Prompt. Namun, perlu diperhatikan bahwa cara ini hanya berlaku untuk pengguna Windows.

Langkah-langkahnya adalah dengan menekan “Ctrl + Alt + Del” pada keyboard > pilih “Task Manager” > tekan tombol “File” > pilih “Run new task” > ketik “cmd” dan tekan “Enter”. Setelah itu, jendela Command Prompt akan muncul. Ketikkan perintah “shutdown /s” pada Command Prompt dan tekan “Enter”. Laptop Anda akan otomatis mati setelah beberapa detik.

Safe Mode

Safe Mode

Safe Mode adalah fitur yang memungkinkan Anda untuk memecahkan masalah dengan menghapus program atau driver yang bersinggungan langsung dengan sistem operasi. Anda bisa memanfaatkan fitur Safe Mode untuk mematikan laptop yang hang atau tiba-tiba tidak merespons.

Caranya adalah dengan menekan tombol “F8” saat laptop sedang melakukan proses booting. Kemudian, pilih opsi “Safe Mode”. Setelah berhasil masuk ke Safe Mode, Anda bisa mematikan laptop dengan cara biasa.

Cara mengatasi laptop Asus yang hang bisa dilakukan dengan mematikan laptop secara paksa atau dengan cara lain sesuai kebutuhan.

Kelola Proses


cara mematikan laptop asus yang hang

Ketika laptop Anda mengalami hang, salah satu cara untuk mengatasinya adalah dengan mengecek dan mengatur proses yang berjalan di dalamnya. Salah satu tool yang dapat Anda gunakan untuk melakukan hal tersebut adalah Task Manager. Simak cara mematikan laptop Asus yang hang dengan cara kelola proses di bawah ini.

Set Priority

Set Priority di Task Manager Asus

Cara pertama yang dapat Anda lakukan adalah dengan menekan “Ctrl + Shift + Escape” pada keyboard Asus Anda, lalu pilih opsi “Task Manager”. Pada jendela ini, pilih proses yang menyebabkan laptop Anda jadi hang, lalu klik kanan dan pilih “Set Priority”. Pilih opsi “Real Time” untuk memberikan prioritas yang lebih tinggi agar proses tersebut dapat segera diselesaikan.

Namun, perlu diingat bahwa opsi “Real Time” tidak selalu tersedia dan dapat berdampak pada kinerja laptop Anda jika digunakan secara berlebihan. Oleh karena itu, perlu cermat dalam mengatur prioritas proses di dalam Task Manager Asus.

Berhenti Proses

Berhenti Proses di Task Manager Asus

Cara kedua yang dapat Anda lakukan adalah dengan menekan “Ctrl + Shift + Escape” pada keyboard Asus Anda, lalu pilih opsi “Task Manager”. Pada jendela ini, pilih proses yang menyebabkan laptop Anda jadi hang, lalu klik opsi “Berhenti” di bagian bawah jendela Task Manager. Dengan menghentikan proses tersebut, diharapkan laptop Anda dapat kembali berjalan normal.

Namun, perlu diingat bahwa mematikan proses tertentu dapat berdampak pada kinerja laptop Anda, terutama jika proses tersebut terkait dengan program yang sedang dijalankan. Oleh karena itu, pastikan untuk hanya menghentikan proses yang tidak penting atau yang Anda yakini menyebabkan laptop Anda jadi hang.

Membersihkan Hard Disk


Membersihkan Hard Disk

Membersihkan hard disk dapat meningkatkan kinerja laptop. Terkadang, laptop Asus dapat mengalami hang atau kinerja yang lambat karena hard disk yang penuh dengan file-file tidak penting.

Disk Cleanup

Disk Cleanup adalah alat bawaan Windows yang dapat membantu membersihkan hard disk dari file-file tidak penting dan sementara. Langkah-langkah untuk menjalankan Disk Cleanup adalah sebagai berikut:

1. Ketik “disk cleanup” di kotak pencarian di menu Start.

2. Pilih drive yang ingin dibersihkan.

3. Klik “OK”.

4. Pilih file-file yang tidak perlu untuk dihapus.

5. Klik “OK” untuk mulai membersihkan.

Disk Defragmenter

Disk Defragmenter adalah alat bawaan Windows yang dapat membantu mempercepat kinerja laptop Asus dengan mengurangi waktu akses ke file pada hard disk. Proses defrag akan mengelompokkan file-file yang terpisah dan memperbaiki fragmen yang terjadi pada hard disk. Langkah-langkah untuk menjalankan Disk Defragmenter adalah sebagai berikut:

1. Ketik “Disk Defragmenter” di kotak pencarian di menu Start.

2. Pilih drive yang ingin di defragmentasi.

3. Klik “Defragmentasi Disk”.

4. Tunggu hingga proses defrag selesai. Proses ini dapat memakan waktu yang cukup lama tergantung pada jumlah data pada hard disk Anda.

Hapus Program Tidak Digunakan

Sekarang adalah waktu yang tepat untuk mengevaluasi program dan aplikasi yang terinstall pada laptop Asus Anda. Beberapa program yang terinstall mungkin tidak pernah digunakan atau tidak lagi dibutuhkan. Hapus program atau aplikasi yang tidak perlu tersebut untuk membebaskan ruang pada hard disk dan meningkatkan kinerja laptop Asus.

Dengan membersihkan hard disk, baik dengan Disk Cleanup, Disk Defragmenter atau menghapus program tidak digunakan, Anda dapat meningkatkan kinerja laptop Asus Anda. Pastikan untuk melakukannya secara teratur untuk menjaga kinerja laptop Anda tetap optimal.

Untuk mengatasi laptop Asus yang hang, kamu bisa mematikan laptop melalui keyboard dengan kombinasi tombol yang tepat.

Saran Video Seputar : cara mematikan laptop asus yang hang

Also Read

Ads - Before Footer