cara mematikan lampu keyboard laptop asus

Warta Berita Baru

Menggunakan tombol Fn dan F3/F4


Menggunakan tombol Fn dan F3/F4

Salah satu cara mematikan lampu keyboard laptop Asus adalah dengan menggunakan tombol Fn dan F3/F4 secara bersamaan. Tombol Fn merupakan fungsi khusus pada keyboard laptop yang biasanya terletak di bagian bawah kiri, sedangkan tombol F3/F4 memiliki simbol lampu pada keyboard.

Tidak semua laptop Asus memiliki tombol F3/F4 dengan simbol lampu, tergantung pada model dan seri laptop tersebut. Namun, biasanya terdapat tombol dengan simbol berupa ikon keyboard yang jika ditekan beberapa kali akan mengatur brightness atau kecerahan lampu keyboard.

1. Pastikan laptop Anda dalam keadaan menyala.

2. Tekan dan tahan tombol Fn di bagian bawah kiri keyboard.

3. Tekan tombol F3/F4 yang memiliki simbol lampu pada keyboard. Jika laptop Anda tidak memiliki tombol tersebut, tekan tombol dengan simbol keyboard berulang kali untuk mengatur kecerahan lampu itu sendiri.

4. Terakhir, lepaskan kedua tombol Fn dan F3/F4 secara bersamaan. Lampu keyboard pada laptop Asus akan mati atau menyala sesuai dengan kondisinya sebelumnya.

2. Melalui aplikasi ASUS Keyboard Hotkeys


ASUS Keyboard Hotkeys

Untuk mematikan lampu keyboard Asus, Anda dapat menggunakan aplikasi bawaan Asus yang bernama ASUS Keyboard Hotkeys. Aplikasi ini dapat dengan mudah ditemukan pada laptop Asus Anda dan mudah digunakan.

Langkah-langkah:

1. Cari aplikasi ASUS Keyboard Hotkeys pada laptop Anda

Pertama, pastikan bahwa aplikasi tersebut telah terinstall pada laptop Anda. Jika belum terinstall, Anda harus memasang aplikasi ini terlebih dahulu melalui situs resmi Asus atau melalui CD / DVD yang disediakan ketika membeli laptop. Setelah dipasang, Anda dapat mencarinya pada folder aplikasi pada desktop atau melalui folder program di menu Start.

2. Buka aplikasi dengan mengklik dua kali ikonnya

Setelah menemukan ASUS Keyboard Hotkeys, Anda dapat membuka program tersebut dengan mengklik dua kali ikonnya. Program ini akan membuka jendela kecil dengan opsi untuk mematikan atau menghidupkan lampu keyboard pada laptop Anda.

3. Klik pada tanda lampu OFF pada kotak “Keyboard Light Switch” untuk mematikan lampu keyboard

Setelah program terbuka, Anda akan melihat kotak “Keyboard Light Switch” di bagian atas jendela program. Pada kotak ini, Anda akan menemukan tanda lampu OFF yang akan mematikan lampu keyboard pada laptop Anda. Cukup klik tanda tersebut dan lampu keyboard akan mati secara otomatis.

Simpel dan mudah dipahami

Dengan mengikuti langkah-langkah di atas, Anda dapat mematikan lampu keyboard Asus dengan sangat mudah menggunakan aplikasi Asus Keyboard Hotkeys. Langkah-langkah ini simpel dan mudah dipahami, bahkan untuk pemula sekalipun. Sekarang Anda dapat menggunakan laptop Anda tanpa gangguan cahaya yang terlalu terang dari lampu keyboard.

3. Menggunakan Aplikasi Pihak Ketiga


Menggunakan Aplikasi Pihak Ketiga

Selain menggunakan aplikasi bawaan Asus, Anda juga bisa memilih untuk menggunakan aplikasi pihak ketiga agar lebih fleksibel dalam mengatur lampu keyboard laptop Asus.

Langkah-Langkah:

1. Cari aplikasi pihak ketiga yang cocok untuk laptop Anda.

Anda bisa mencari aplikasi pihak ketiga untuk mengatur lampu keyboard Asus di internet. Pastikan memilih aplikasi yang tepat dan kompatibel dengan laptop Anda dan sesuaikan dengan preferensi Anda.

2. Download dan install aplikasi tersebut.

Setelah menemukan aplikasi pihak ketiga yang cocok, unduh aplikasi tersebut dan install di laptop Anda. Pastikan juga untuk menginstal aplikasi tersebut sesuai dengan petunjuk yang terdapat dalam panduan aplikasi.

3. Buka aplikasi, dan cari menu pengaturan untuk lampu keyboard.

Setelah aplikasi terinstal, buka aplikasi dan cari menu yang berisi pengaturan untuk lampu keyboard. Pada umumnya, menu ini akan terdapat pada halaman depan aplikasi tersebut.

4. Pilih opsi “matikan” untuk mematikan lampu keyboard

Setelah masuk menu pengaturan lampu keyboard, pilih opsi “matikan” untuk mematikan lampu keyboard pada laptop Asus Anda.

Aplikasi pihak ketiga memfferentisis diri dari aplikasi bawaan Asus, karena pengaturannya lebih fleksibel dan beragam. Dalam penggunaannya, Anda juga harus selektif dalam memilih aplikasi yang akan digunakan dan instal aplikasi tersebut dengan hati-hati.

Jika kamu ingin mematikan lampu keyboard laptop Asus untuk menghindari gangguan saat bermain game di ruangan yang remang-remang, maka kamu bisa menggunakan cara berikut.

Melalui pengaturan sistem Windows

Windows 10

Jika Anda menggunakan laptop Asus dengan sistem operasi Windows 10, Anda juga bisa mengatur lampu keyboard dengan cara yang mudah. Anda cukup mengikuti langkah-langkah berikut ini:

Langkah-langkah:

1. Klik pada menu Start di pojok kiri bawah desktop.

2. Pilih ikon roda gigi untuk membuka Settings.

3. Klik pada Personalization.

4. Pilih Colors. Di sini, Anda bisa melihat opsi untuk menyesuaikan tema warna dari sistem Windows Anda.

5. Gulir ke bawah hingga menemukan opsi “Choose your color” dan matikan tombol switch yang terdapat di bawahnya. Dengan melakukan ini, keyboard laptop Asus akan mati dan tidak akan mengeluarkan cahaya sama sekali.

Dengan cara ini, Anda juga bisa menyesuaikan tema warna sistem Windows Anda sehingga mudah untuk melihat dan mengakses fitur-fitur yang Anda butuhkan. Selain itu, Anda bisa merubah warna lampu keyboard Asus dengan memilih opsi lain yang tersedia di menu Colors.

Ringkasan

Anda bisa mematikan lampu keyboard Asus pada laptop dengan mudah melalui pengaturan sistem Windows. Caranya adalah dengan membuka Settings dan memilih opsi Color untuk mematikan tombol switch yang ada di bawahnya. Anda juga bisa menyesuaikan tema warna dalam sistem Windows Anda.

Salah satu cara untuk mematikan laptop Asus dengan keyboard adalah dengan menekan tombol power selama beberapa detik hingga laptop mati.

5. Menggunakan Power4Gear Hybrid

Power4Gear Hybrid

Power4Gear Hybrid adalah program bawaan dari Asus yang memiliki kemampuan untuk mensinkronkan fungsionalitas laptop dengan aktivitas penggunanya. Salah satu fitur yang dimiliki oleh Power4Gear Hybrid adalah kemampuan untuk mematikan lampu keyboard laptop. Untuk mematikan lampu keyboard laptop Anda, ikuti langkah-langkah berikut:

Langkah-langkah:

1. Pertama-tama, cari dan buka aplikasi Power4Gear Hybrid pada laptop atau komputer Anda. Pada umumnya, aplikasi ini sudah terinstal sebelumnya pada laptop Asus.

2. Setelah berhasil membuka aplikasi Power4Gear Hybrid, pilih “Power Options” di jajaran tombol navigasi dan gulir ke bawah menu. Di bagian ini, Anda akan menemukan opsi untuk mematikan lampu keyboard.

3. Selanjutnya, pilih “AC Mode” jika ingin mematikan lampu keyboard saat laptop dihubungkan ke sumber listrik atau “Battery Mode” jika ingin mematikan lampu keyboard saat laptop menggunakan baterai. Pilih opsi mana yang sesuai dengan kebutuhan Anda.

Dengan mengikuti langkah-langkah di atas, Anda sudah dapat mematikan lampu keyboard pada laptop Asus Anda. Dengan mematikan lampu keyboard, Anda juga akan mendapatkan keuntungan yaitu baterai laptop Anda akan lebih hemat dan laptop Anda tidak akan terganggu oleh cahaya yang terlalu terang pada saat kondisi ruangan yang minim cahaya.

6. Periksa pengaturan BIOS


Periksa pengaturan BIOS pada laptop Asus

Apabila langkah sebelumnya tidak berhasil, Anda bisa memeriksa pengaturan di dalam BIOS pada laptop Asus untuk mematikan lampu keyboard.

Setiap laptop memiliki pengaturan BIOS yang berbeda-beda, tergantung dari modelnya. Oleh karena itu, pastikan untuk mengetahui langkah-langkah yang tepat untuk masuk ke menu BIOS pada laptop Asus Anda sebelum memulai proses ini. Biasanya Anda bisa menemukan petunjuk langkah demi langkah pada manual penggunaan laptop atau melalui situs resmi Asus.

Setelah Anda berhasil masuk ke menu BIOS, carilah pengaturan keyboard backlight. Hal ini juga dapat berbeda-beda tergantung dari jenis laptop yang Anda gunakan dan versi BIOS yang terpasang pada perangkat Anda.

Pilih opsi ‘DISABLE’ untuk mematikan lampu keyboard. Jika Anda mematikannya, maka lampu keyboard pada laptop Asus Anda tidak akan menyala lagi kecuali Anda menghidupkan pengaturannya kembali.

Berhati-hatilah ketika memasuki menu BIOS!

Beberapa pengaturan dalam menu BIOS dapat memengaruhi performa laptop Anda secara keseluruhan. Oleh karena itu, pastikan untuk tidak mengubah pengaturan lain yang tidak terkait dengan lampu keyboard saat Anda memasuki menu BIOS. Jika tidak yakin, sebaiknya Anda menghubungi ahli komputer atau teknisi yang lebih berpengalaman agar tidak merusak perangkat Anda.

7. Hubungi dukungan teknis Asus


cara mematikan lampu keyboard laptop asus

Jika setelah mencoba semua cara di atas dan lampu keyboard pada laptop Asus Anda masih nyala, maka langkah berikutnya adalah menghubungi dukungan teknis Asus. Berikut adalah langkah-langkah yang dapat Anda lakukan:

Cari nomor kontak dukungan teknis Asus di situs web

Langkah pertama adalah mencari nomor kontak dukungan teknis Asus melalui situs web resmi mereka. Buka browser dan kunjungi situs resmi Asus. Cari informasi layanan dukungan teknis dan klik tautan menuju halaman tersebut. Di halaman tersebut, biasanya terdapat beberapa cara untuk menghubungi dukungan teknis, seperti telepon atau email. Pilihlah nomor telepon dukungan teknis untuk menghubungi mereka.

Hubungi nomor kontak yang tertera dan jelaskan masalah Anda

Setelah menemukan nomor telepon dukungan teknis Asus, langkah berikutnya adalah menghubungi mereka dan menjelaskan masalah yang Anda alami terkait lampu keyboard laptop Asus yang tidak bisa dimatikan. Pastikan Anda memberikan informasi yang jelas dan detail mengenai masalah yang sedang Anda hadapi supaya teknisi dapat memberikan solusi yang tepat.

Ikuti instruksi teknisi untuk mematikan lampu keyboard

Saat Anda berhasil berbicara dengan teknisi dukungan teknis Asus, mereka akan memberikan instruksi dan panduan untuk mengatasi masalah yang Anda hadapi. Ikuti petunjuk dan instruksi yang diberikan oleh teknisi tersebut dengan jelas dan teliti. Teknisi biasanya akan memberikan solusi berdasarkan masalah yang sedang Anda hadapi. Jika tidak berhasil, mereka mungkin akan menyarankan untuk membawa laptop Asus Anda ke pusat layanan resmi Asus agar dilebih lanjut diperiksa dan diperbaiki.

Dengan mengikuti langkah-langkah tersebut, Anda tidak perlu khawatir dan repot dalam mematikan lampu keyboard laptop Asus yang tidak bisa dimatikan. Dukungan teknis Asus tersedia untuk memberikan bantuan dan solusi yang tepat yang dapat membantu Anda mengatasi masalah tersebut.

Jangan cabut sendiri kabel lampu keyboard


cara mematikan lampu keyboard laptop asus

Mungkin Anda pernah mengalami masalah dengan lampu keyboard pada laptop Asus yang terus menyala bahkan ketika Anda sudah mematikan laptop. Biasanya, Anda bisa mematikan lampu keyboard dengan menekan kombinasi tombol tertentu atau mengatur pengaturan pada sistem. Akan tetapi, jika cara tersebut tidak berhasil untuk mematikan lampu keyboard, jangan sekali-kali mencoba mencabut kabel lampu keyboard sendiri pada laptop Asus. Hal ini dapat merusak bagian lain pada laptop serta meningkatkan risiko terjadinya korsleting yang berpotensi membahayakan perangkat Anda.

Langkah-Langkah Mematikan Lampu Keyboard Laptop Asus dengan Aman

Jika Anda ingin mematikan lampu keyboard pada laptop Asus, ada beberapa langkah yang dapat Anda lakukan dengan aman. Berikut adalah panduan langkah-langkahnya:

Langkah 1: Matikan Laptop Secara Paksa

Jika lampu keyboard masih menyala dan kombinasi tombol atau pengaturan sistem tidak berhasil mematikannya, pastikan untuk mematikan laptop secara paksa dengan menahan tombol daya laptop hingga mati secara total. Setelah Anda yakin bahwa laptop sudah mati dengan sempurna, baru Anda bisa melanjutkan ke langkah berikutnya.

Langkah 2: Buka Bagian Keyboard Laptop

Setelah laptop dimatikan dengan benar, sekarang saatnya membuka bagian keyboard laptop dengan hati-hati dan perlahan-lahan. Buka pengunci pada sisi bawah keyboard dan lepaskan keyboard dari mounted bay-nya. Pastikan Anda berhati-hati saat melepas keyboard untuk menghindari kerusakan pada bagian lain pada laptop.

Langkah 3: Lepaskan Kabel Lampu Dengan Perlahan

Setelah keyboard dilepas, pastikan untuk menemukan kotak lampu dan cari kabel yang terhubung ke lampu keyboard. Kemudian, lepaskan kabel secara perlahan agar tidak merusak bagian keyboard lainnya. Usahakan untuk tidak memaksa ketika mencoba melepas kabel agar tidak terjadi kerusakan apa pun pada perangkat Anda.

Dengan mengikuti langkah-langkah yang tepat, Anda dapat mematikan lampu keyboard pada laptop Asus dengan aman dan menghindari kerusakan pada perangkat Anda. Pastikan untuk melakukan tindakan ini dengan hati-hati dan perlahan-lahan untuk memastikan bahwa laptop Anda selalu berfungsi dengan baik.

Untuk menghemat daya baterai, kamu bisa mematikan laptop Asus ketika sedang tidak digunakan.

Saran Video Seputar : cara mematikan lampu keyboard laptop asus

Also Read

Ads - Before Footer