Lupa Kata Sandi ? Begini Cara Melihat Password WiFi di Laptop !

Azza Azzahra

Lupa Kata Sandi ?Begini Cara Melihat Password WiFi di Laptop

Pernahkah anda lupa kata sandi atau password padahal sudah pernah terhubung ? Berikut artikel tentang Cara Melihat Password WiFi di Laptop.

Dalam era digital ini, konektivitas internet merupakan kebutuhan yang penting bagi banyak orang. Saat kita menggunakan perangkat laptop untuk mengakses jaringan WiFi, seringkali kita perlu memasukkan kata sandi (password) yang tepat agar dapat terhubung.

Baca Juga : Cara Mudah Mematikan Lampu Keyboard di Laptop Asus TUF Gaming

Berikut panduan lengkap tentang cara melihat password WiFi di laptop.

Cara Melihat Password WiFi di Laptop

  1. Menggunakan Command Prompt pada Windows:

Langkah pertama adalah dengan menggunakan Command Prompt (CMD) pada sistem operasi Windows. Berikut adalah langkah-langkahnya:

  • Buka Command Prompt dengan cara menekan tombol “Windows + R” pada keyboard, kemudian ketik “cmd” dan tekan Enter.
  • Setelah jendela Command Prompt terbuka, ketik perintah “netsh wlan show profile” dan tekan Enter. Ini akan menampilkan daftar semua profil jaringan WiFi yang pernah terhubung pada laptop Anda.
  • Cari nama jaringan WiFi yang ingin Anda lihat passwordnya, lalu ketik perintah “netsh wlan show profile name=[nama_jaringan] key=clear” dan tekan Enter. Gantilah [nama_jaringan] dengan nama jaringan WiFi yang sesuai.
  • Pada hasil yang ditampilkan, temukan baris yang berjudul “Key Content”. Di bawah baris ini, Anda akan melihat password WiFi yang tersembunyi. Itu adalah password untuk jaringan WiFi yang Anda pilih.
  1. Menggunakan Keychain Access pada macOS:

Jika Anda menggunakan MacBook atau perangkat Mac lainnya, Anda dapat menggunakan Keychain Access untuk melihat password WiFi yang tersimpan. Berikut adalah langkah-langkahnya:

  • Buka “Utilities” (Utilitas) pada folder “Applications” (Aplikasi).
  • Cari dan buka “Keychain Access” (Akses Kunci).
  • Di jendela Keychain Access, klik “System” pada panel sebelah kiri.
  • Temukan nama jaringan WiFi yang ingin Anda lihat passwordnya pada daftar yang ditampilkan.
  • Dua kali klik pada nama jaringan yang dipilih, lalu centang kotak “Show password” (Tampilkan kata sandi).
  • Anda akan diminta untuk memasukkan kata sandi administrator untuk mengonfirmasi akses. Setelah itu, password WiFi akan ditampilkan.

Catatan: Pastikan Anda memiliki izin administratif pada laptop Anda untuk dapat melihat password WiFi yang tersimpan.

Baca Juga :Panduan Lengkap “Cara Menghapus Aplikasi di Laptop Dengan Mudah”

  1. Menggunakan Aplikasi Pihak Ketiga:

Selain metode bawaan pada sistem operasi, ada juga beberapa aplikasi pihak ketiga yang dapat membantu Anda melihat password WiFi yang tersimpan.

Beberapa contoh aplikasi tersebut adalah “WirelessKeyView” untuk Windows dan “WiFi Password Show” untuk Android. Anda dapat mencari dan mengunduh aplikasi ini sesuai dengan sistem operasi yang Anda gunakan.

Baca Juga :Cara Screenshot Panjang di Laptop, Mudah dan Praktis !

Kesimpulan:

Itulah panduan tentang cara melihat password WiFi di laptop.

Metode yang disebutkan di atas, seperti menggunakan Command Prompt atau Keychain Access, merupakan langkah-langkah umum yang dapat digunakan untuk mendapatkan informasi kata sandi WiFi yang tersimpan pada perangkat Anda.

Penting untuk diingat bahwa penggunaan informasi ini harus dilakukan dengan penuh tanggung jawab dan hanya digunakan pada perangkat yang Anda miliki atau dengan izin dari pemilik jaringan yang bersangkutan.

Also Read

Ads - Before Footer