Cara Kosongkan Memori Internal Android, Biar Nggak Penuh !

Azza Azzahra

Cara Kosongkan Memori Internal Android, Biar Nggak Penuh !

Cara Kosongkan Memori Internal Android –  Memori internal Android yang penuh dapat menyebabkan berbagai masalah, seperti ponsel yang berjalan lambat, aplikasi yang tidak dapat diinstal, dan bahkan ponsel yang tidak dapat dinyalakan.

Oleh karena itu, penting untuk mengetahui cara mengosongkan memori internal Android secara berkala.

Cara Kosongkan Memori Internal Android

Berikut adalah beberapa cara untuk mengosongkan memori internal Android:

1. Hapus Aplikasi yang Tidak Terpakai

Aplikasi yang tidak terpakai dapat memakan banyak ruang penyimpanan. Oleh karena itu, cara yang paling efektif untuk mengosongkan memori internal Android adalah dengan menghapus aplikasi yang tidak terpakai.

Untuk menghapus aplikasi di Android, buka aplikasi Pengaturan, lalu pilih Aplikasi. Kemudian, pilih aplikasi yang ingin Anda hapus dan ketuk Hapus.

2. Bersihkan Cache

Cache adalah file sementara yang digunakan oleh aplikasi untuk mempercepat kinerjanya. Namun, cache dapat menumpuk seiring waktu dan memakan banyak ruang penyimpanan.

Untuk membersihkan cache di Android, buka aplikasi Pengaturan, lalu pilih Aplikasi. Kemudian, pilih aplikasi yang ingin Anda bersihkan cache-nya dan ketuk Penyimpanan. Selanjutnya, ketuk Hapus cache.

Baca Juga : Sering Terjadi, Begini Cara Agar Memori WhatsApp Tidak Penuh !

3. Hapus File Tak Terpakai

File tak terpakai, seperti foto, video, dan file musik, juga dapat memakan banyak ruang penyimpanan. Oleh karena itu, Anda perlu memeriksa file-file yang ada di ponsel Anda dan menghapus file-file yang tidak terpakai.

Anda dapat menggunakan aplikasi manajemen file untuk membantu Anda menemukan dan menghapus file tak terpakai.

4. Pindahkan Aplikasi ke Kartu SD

Jika ponsel Anda memiliki slot kartu SD, Anda dapat memindahkan aplikasi ke kartu SD untuk mengosongkan ruang penyimpanan internal.

Untuk memindahkan aplikasi ke kartu SD, buka aplikasi Pengaturan, lalu pilih Aplikasi. Kemudian, pilih aplikasi yang ingin Anda pindahkan dan ketuk Pindahkan ke kartu SD.

5. Lakukan Factory Reset

Factory reset adalah cara yang paling efektif untuk mengosongkan memori internal Android, tetapi juga cara yang paling drastis.

Factory reset akan menghapus semua data di ponsel Anda, termasuk aplikasi, foto, video, dan file musik.

Untuk melakukan factory reset, buka aplikasi Pengaturan, lalu pilih Cadangkan & reset. Selanjutnya, ketuk Reset perangkat dan ikuti petunjuk di layar.

Berikut adalah beberapa tips tambahan untuk mengosongkan memori internal Android:

  • Gunakan aplikasi kompresi foto dan video untuk mengurangi ukuran file.
  • Gunakan layanan cloud untuk menyimpan foto, video, dan file musik Anda.
  • Gunakan aplikasi manajemen file untuk menganalisis ruang penyimpanan Anda dan menemukan file-file yang memakan banyak ruang.

Dengan mengikuti tips-tips di atas, Anda dapat mengosongkan memori internal Android dan membuat ponsel Anda berjalan lebih lancar.

Also Read

Ads - Before Footer