Cara Edit di Photoshop CS6: Tips dan Trik Dasar untuk Pemula

Warta Berita Baru

Memulai Editing di Photoshop CS6

Editing di Photoshop CS6

Photoshop CS6 adalah software editing foto yang powerfull yang cukup populer digunakan oleh fotografer. Untuk memulai melakukan editing di Photoshop CS6, pertama-tama kamu perlu membuka foto yang ingin di edit di Photoshop CS6.

Membuka Foto

Langkah pertama untuk memulai editing di Photoshop CS6 adalah dengan membuka foto yang ingin di edit. Kamu dapat membuka file foto dengan menekan tombol “Ctrl + O” atau dengan mengklik File -> Open pada menu utama Photoshop CS6.

Setelah itu, kamu dapat mencari foto yang ingin di edit di dalam folder komputermu dan klik open atau kamu dapat menyeret file foto tersebut ke jendela Photoshop CS6.

Setelah foto terbuka, kamu akan melihat layar editing Photoshop CS6 dengan foto yang sudah terbuka. Kamu dapat melihat lapisan dari foto di jendela Layers pada sisi kanan layar editing.

Jika kamu ingin menjaga kualitas foto orisinal, kamu dapat membuat salinan terlebih dahulu sebelum melakukan editing pada file foto. Untuk membuat salinan, kamu dapat menekan tombol “Ctrl + J” atau dengan mengklik kanan pada lapisan foto tersebut pada Layers dan memilih “Duplicate Layer”.

Ringkasan

Jadi, langkah pertama untuk memulai editing di Photoshop CS6 adalah membuka foto yang ingin di edit. Kamu dapat membuka file foto dengan menekan tombol “Ctrl + O” atau dengan mengklik File -> Open pada menu utama Photoshop CS6. Setelah itu, kamu dapat mencari foto yang ingin di edit di dalam folder komputermu dan klik open atau kamu dapat menyeret file foto tersebut ke jendela Photoshop CS6. Selamat mencoba!

Menyesuaikan Ukuran Foto

Menyesuaikan Ukuran Foto

Sebelum memulai proses editing foto di Photoshop CS6, kamu bisa menyesuaikan ukuran foto agar pas dengan kebutuhan. Kamu bisa menggunakan fitur Crop and Straighten untuk memotong foto, mengatur rasio aspek, atau memutar foto.

Caranya, pertama pilih foto yang ingin kamu edit. Setelah itu, klik tombol Crop and Straighten atau tekan tombol C. Untuk memotong foto, kamu bisa menarik kotak seleksi pada foto. Jika ingin mengganti rasio aspek, klik tombol Ratio dan pilih rasio yang diinginkan. Jika ingin memutar foto, putar foto dengan menekan tombol Rotate.

Setelah selesai melakukan penyesuaian ukuran foto, klik tombol Enter atau tekan tombol Return pada keyboard untuk menerapkan perubahan.

Penyesuaian Kecerahan dan Kontras dengan Adjustment Layer

Penyesuaian Kecerahan dan Kontras dengan Adjustment Layer

Meningkatkan kecerahan dan kontras foto bisa menjadi langkah penting dalam proses editing. Untungnya, Photoshop CS6 menyediakan fitur Adjustment Layer yang bisa membantumu untuk memperbaiki kekurangan dalam foto.

Caranya, pertama pilih foto yang ingin kamu edit. Setelah itu, klik tombol New Adjustment Layer yang terletak di bawah panel Layer. Pilih Brightness/Contrast untuk menyesuaikan kecerahan dan kontras. Atur nilai Brightness dan Contrast sesuai dengan keinginanmu. Jika kamu tidak puas dengan perubahan yang terjadi, kamu bisa kembali ke layer sebelumnya dan menghapus Adjustment Layer.

Fitur Adjustment Layer cukup mudah digunakan dan memungkinkanmu untuk mengedit foto tanpa merusak layer aslinya. Selain Brightness/Contrast, terdapat juga fitur lain seperti Levels, Curves, dan Hue/Saturation yang bisa kamu gunakan untuk memperbaiki tampilan foto.

Menambahkan Tekstur ke Foto

Menambahkan Tekstur ke Foto

Menambahkan tekstur pada foto dapat memberikan kesan artistik yang unik pada foto. Untuk menambahkan tekstur, pertama-tama buka foto yang ingin di-edit di dalam Photoshop CS6. Selanjutnya, buatlah layer baru dengan cara klik tombol “New Layer” di bawah layer panel. Pilih “Fill” dan pilih warna abu-abu medium. Setelah itu, pilih filter “Noise” dan atur besar dan densitas noise sesuai yang diinginkan. Klik “Ok” untuk menambahkan noise di atas layer.

Langkah selanjutnya adalah untuk menambahkan tekstur ke dalam foto. Pilih foto yang ingin ditambahkan tekstur dan salin ke layer baru. Sesuaikan ukuran foto yang ditambahkan dengan ukuran foto asli. Di layer foto yang ditambahkan, setel blending mode menjadi “Overlay” atau “Soft Light”. Sesuaikan opacity-nya agar warna foto tetap terlihat natural. Tekstur pada foto siap digunakan!

Merubah Warna Foto

Merubah Warna Foto

Merubah warna pada foto dapat meningkatkan kesan hidup dan menambah keindahan pada foto. Untuk merubah warna foto di Photoshop CS6, kita dapat menggunakan adjustment layer. Adjustment layer adalah sebuah layer yang digunakan untuk mengatur warna, saturasi, dan nilai kecerahan pada foto tanpa mempengaruhi layer asli.

Menggunakan Adjustment Layer

Ada beberapa jenis adjustment layer yang dapat digunakan untuk mengubah warna pada foto. Di antaranya:

  1. Brightness/Contrast: Adjustment layer ini digunakan untuk mengatur nilai kecerahan dan kontras pada foto.
  2. Levels: Adjustment layer ini digunakan untuk mengatur nilai intensitas warna gelap, medium, dan terang pada foto.
  3. Curves: Adjustment layer ini digunakan untuk mengatur nilai kecerahan pada foto secara detail dengan memodifikasi kurva grafik.
  4. Hue/Saturation: Adjustment layer ini digunakan untuk mengatur tingkat saturasi dan nilai yang ditampilkan pada foto. Selain itu, kita juga dapat menggunakan tool “sponge” atau “color replacement” untuk mengubah warna pada foto.

Untuk menggunakan adjustment layer, pertama-tama buka layer panel dan klik tombol “Adjustment Layer” di bawahnya. Pilih jenis adjustment layer yang diinginkan dan setel nilainya sesuai dengan preferensi. Penyetelan warna yang baik dapat dilakukan dengan mengatur opsi blend, seperti “Hue” dan “Color”. Dengan teknik ini, kita dapat dengan mudah mengubah warna pada foto dan menghasilkan foto yang lebih menarik.

Manipulasi Foto

Cara Edit di Photoshop CS6

Adobe Photoshop CS6 merupakan software editing foto yang banyak digunakan oleh para profesional dan pecinta fotografi. Dengan fitur-fitur canggih yang dimilikinya, kamu bisa melakukan manipulasi pada foto untuk menciptakan tampilan yang unik dan menarik. Berikut adalah beberapa caraedit di Photoshop CS6yang bisa kamu lakukan.

Merubah Latar Belakang Foto

Mengganti latar belakang foto bisa menjadi salah satu cara membuat foto terlihat lebih menarik dan berbeda. Caranya bisa dilakukan dengan menggunakan berbagai tool yang ada di Photoshop CS6. Salah satunya adalah selection tool. Pilih latar belakang foto yang ingin kamu ganti dengan menggunakan selection tool. Setelah itu, lakukan penyesuaian seperti pengaturan toleransi pada menu selection tool untuk mendapatkan hasil seleksi yang lebih akurat.

Selanjutnya, tekan tombol “ctrl + j” atau “command + j” pada keyboard untuk mengeluarkan layer seleksi ke dalam layer baru. Setelah itu, kamu bisa menambahkan latar belakang yang baru atau menghilangkan latar belakang secara total.

Selain menggunakan selection tool, cara lain yang bisa kamu gunakan untuk mengganti latar belakang foto adalah dengan menggunakan clone stamp tool. Caranya cukup mudah, kamu hanya perlu memilih clone stamp tool dan menempatkan kursor pada area yang ingin kamu salin. Setelah itu, tekan tombol “alt” pada keyboard dan klik area tersebut. Kemudian, taruh kursor pada area yang ingin kamu edit, dan aplikasikan dengan cara meng-klik area tersebut. Dengan cara ini, kamu bisa membuat latar belakang yang baru dengan sedikit sentuhan yang lebih halus.

Menambahkan Efek pada Foto

Berikutnya, kamu bisa mencoba untuk menambahkan efek pada foto yang ingin kamu edit. Photoshop CS6 memiliki berbagai filter dan efek yang bisa kamu gunakan untuk mendapatkan tampilan yang lebih menarik. Salah satunya adalah efek blur. Efek blur dapat memberikan tampilan yang lebih lembut dan artistik pada foto. Kamu bisa menggunakan filter blur yang ada pada menu “filter” dan menyesuaikan posisi blur yang diinginkan.

Selain itu, kamu juga bisa menambahkan efek vignette pada foto dengan menggunakan brush dan layer mask. Pilih brush dengan ukuran yang cukup besar, lalu buat layer mask pada foto tersebut. Setelah itu, aplikasikan brush pada pinggiran foto, dan sesuaikan opasitas serta ukuran brush sesuai dengan keinginanmu.

Memadukan Beberapa Foto

Jika kamu ingin membuat karya yang lebih kompleks, kamu bisa mencoba untuk memadukan beberapa foto menjadi satu karya. Photoshop CS6 memiliki fitur blending mode yang memungkinkan kamu untuk memadukan beberapa layer menjadi satu tampilan yang utuh.

Cara melakukannya cukup mudah, kamu hanya perlu menempatkan foto-foto yang ingin kamu padukan pada layer yang berbeda-beda. Lalu, pilih blending mode yang ingin kamu gunakan, dan sesuaikan opacity dari masing-masing layer sesuai dengan keinginanmu. Dengan cara ini, kamu bisa menghasilkan tampilan yang unik dan menarik dari beberapa foto yang sebelumnya terpisah.

Itulah beberapa cara edit di Photoshop CS6 yang bisa kamu coba. Kamu bisa mencoba teknik-teknik tersebut untuk mendapatkan hasil foto yang lebih kreatif dan menarik. Selamat mencoba!

Menambahkan Filter ke Foto

Menambahkan Filter ke Foto

Menambahkan filter ke foto bisa menjadi cara sederhana untuk menambahkan efek dan menarik perhatian pemirsa tanpa perlu melakukan proses editing yang rumit. Di dalam Adobe Photoshop CS6, terdapat berbagai macam filter yang bisa kita gunakan untuk mempercantik foto kita. Berikut langkah-langkahnya:

  1. Buka foto yang akan diberi filter dengan menggunakan aplikasi Adobe Photoshop CS6.
  2. Pilih menu Filter di menu utama.
  3. Pilih jenis filter yang ingin digunakan. Ada berbagai macam jenis filter yang bisa digunakan seperti Filter Artistik, Blur, Brush stroke, Distort, Noise, Pixelate, Render, Sharpen, Stylize, dan lain-lain.
  4. Sesuaikan pengaturan filter dengan keinginan Anda. Setiap filter memiliki pengaturan tersendiri yang bisa disesuaikan dengan kebutuhan.
  5. Tekan OK untuk mengaplikasikan filter ke foto. Anda juga bisa mengkombinasikan beberapa jenis filter untuk menciptakan hasil yang lebih menarik.

Menambahkan Efek Blur ke Foto

Salah satu jenis filter yang bisa digunakan untuk menambahkan efek pada foto adalah filter blur atau kabur. Filter ini berguna untuk membuat tampilan foto menjadi lebih lembut dan menghilangkan detail-detail kecil pada foto. Ada beberapa jenis blur filter yang bisa digunakan di Adobe Photoshop CS6, salah satunya adalah lens blur filter.

Berikut adalah langkah-langkah untuk menambahkan efek blur pada foto menggunakan lens blur filter:

  1. Buka foto yang akan diberi efek blur menggunakan Adobe Photoshop CS6.
  2. Pilih menu Filter di menu utama dan pilih Blur.
  3. Pilih Lens Blur.
  4. Setelah itu akan muncul jendela pengaturan filter. Ada beberapa pengaturan yang bisa disesuaikan, seperti aperture, radius, blade curvature, dan lain-lain. Sesuaikan pengaturan filter dengan kebutuhan Anda.
  5. Tekan OK untuk mengaplikasikan efek blur pada foto. Anda juga bisa menyimpan pengaturan filter untuk digunakan di foto-foto selanjutnya.

Dengan langkah-langkah sederhana tersebut, kita bisa menambahkan efek pada foto dengan mudah dan cepat menggunakan Adobe Photoshop CS6. Selamat mencoba!

Menambahkan Teks ke Foto

Menambahkan Teks ke Foto di Photoshop CS6

Banyak foto yang memiliki pesan atau message penting yang ingin disampaikan kepada viewer. Oleh karena itu, menambahkan teks pada sebuah foto bisa menjadi pilihan yang tepat untuk menyampaikan pesan tersebut. Dalam artikel ini, kita akan membahas cara menambahkan teks pada foto menggunakan Photoshop CS6.

Langkah pertama adalah membuka foto yang ingin ditambahkan teks menggunakan Photoshop CS6. Kemudian, pilihlah tombol “T” pada toolbar yang berarti “Type Tool”. Setelah itu, kliklah pada area foto dimana kamu ingin menambahkan teks, dan mulailah mengetik teks yang diinginkan.

Setelah mengetik teks, kamu bisa mengatur ukuran, jenis font, warna, dan letak teks dengan memilih tab “Character” pada panel properties dan melakukan pengaturan yang diperlukan.

Menambahkan Border pada Foto

Menambahkan Border pada Foto di Photoshop CS6

Menambahkan border atau garis tepi pada foto bisa memberikan efek yang lebih kreatif pada foto. Kamu bisa menambahkan border pada foto menggunakan Photoshop CS6 dengan mudah. Berikut adalah caranya:

Pertama, buka foto yang ingin ditambahkan border menggunakan Photoshop CS6. Kemudian, masuk ke menu “Layer” dan pilih “New” -> “Layer”. Setelah itu, pilihlah “Stroke” dari daftar pilihan layer. Kamu bisa mengatur lebar stroke, warna, dan letak strokenya pada foto di panel properties.

Kamu juga bisa menambahkan border menggunakan “Layer Style” dengan cara mengklik kanan pada layer foto, dan memilihlah “Blending Options”. Pilihlah “Stroke” dan atur lebar, warna, dan letak strokenya pada foto.

Dengan menambahkan border pada foto, kamu bisa memberikan efek yang lebih kreatif dan membuat foto menjadi lebih menarik. Semoga tutorial ini bisa membantu kamu dalam menambahkan teks dan border pada foto menggunakan Photoshop CS6. Selamat mencoba!

Menyimpan Hasil Editing Foto

Menyimpan Hasil Editing Foto

Setelah selesai melakukan proses editing pada gambar, tentunya kamu ingin menyimpan hasil akhir dari gambar tersebut. Dalam Photoshop CS6, ada berbagai pilihan format file yang bisa kamu pilih untuk menyimpan hasil editing kamu.

Untuk menyimpan hasil editing di Photoshop CS6, pertama-tama kamu bisa klik tombol “File” pada menu utama dan pilih “Save As”. Setelah itu, kamu bisa memilih format file yang diinginkan dan memberikan nama pada file tersebut. Terakhir, klik tombol “Save” untuk menyimpan hasil editing kamu.

Beberapa format file yang bisa digunakan untuk menyimpan hasil editing antara lain:

  • JPG: format file yang umum digunakan untuk gambar dengan kualitas yang terjaga.
  • PNG: format file dengan latar belakang transparan.
  • PSD: format file Photoshop yang memungkinkan kamu untuk mengedit kembali seluruh layer pada file.
  • TIFF: format file dengan kualitas gambar yang tinggi.

Menggunakan Fitur Auto Save

Menggunakan Fitur Auto Save

Photoshop CS6 memiliki fitur auto save yang bisa membantu kamu menyimpan file editing yang belum disimpan sebelumnya. Fitur ini akan secara otomatis menyimpan file editing dalam interval waktu tertentu ke dalam folder auto save yang tersedia di Photoshop.

Agar bisa menggunakan fitur auto save, kamu bisa aktifkan fitur tersebut dari menu Preferences. Pilih menu “File” > “Preferences” > “File Handling”. Di sini kamu bisa menemukan opsi “Automatically Save Recovery Information Every” yang memungkinkan kamu untuk mengatur interval waktu penyimpanan otomatis.

Dengan fitur ini, kamu tidak perlu khawatir kehilangan hasil editing kamu karena adanya kerusakan pada file atau karena kesalahan lain dalam proses penyimpanan.

Saran Video Seputar : Cara Edit di Photoshop CS6: Tips dan Trik Dasar untuk Pemula

Also Read

Tags

Ads - Before Footer