Subsidi Listrik PLN

Cara Cek Subsidi Listrik PLN untuk dapat Token Gratis September 2021

Stimulus diskon listrik bersambung pada September 2021 ini, karena itu penting untuk lakukan periksa subsidi listrik PLN.

Ada dua langkah untuk lakukan check penerima diskon tarif listrik PLN. Pertama yaitu cek penerima subsidi listrik PLN melalui program PLN Mobile.

Cara itu hanya dapat dilaksanakan bila konsumen setia telah memasang program PLN Mobile pada gawai atau handphone pintarnya.

Disamping itu, langkah cek token gratis PLN bisa juga dilaksanakan lewat situs resmi PLN di link https://portal.pln.co.id.

Berikut langkah cek penerima subsidi listrik September 2021 secara lengkap:

Check diskon tarif listrik lewat program PLN Mobile

  • Membuka Program PLN Mobile
  • Tentukan Menu Informasi Stimulus
  • Saran ID Konsumen setia/Nomor Meter, seterusnya klik kirim.

Check diskon tarif listrik lewat website PLN

  • Membuka web Portal PLN
  • Klik “Potongan harga Stimulus “
  • Masukan nomor ID Konsumen setia PLN dan code captcha dan klik “Mencari”
  • Seterusnya masukan nomor KTP, nama lengkap sama sesuai KTP, alamat lengkap sama sesuai KTP dan code captcha, seterusnya click “Simpan”.

Bila pelanggan terhitung dalam kelompok yang menerima potongan harga listrik, maka ada info besaran potongan harga yang diberi.

Namun, jika pelanggan tidak termasuk dalam kelompok yang menerima potongan harga listrik, maka ada pernyataan jika pelanggan tidak memperoleh potongan harga.

Pendistribusian Potongan Harga Listrik September 2021

PLN pastikan pelanggan sudah bisa mendapat stimulan ketenagalistrikan yang dianggarkan oleh Pemerintah pada periode September 2021.

Trending:  BMKG Ungkap Alasan Suhu di Indonesia Panas Akhir-Akhir Ini

Direktur Niaga dan Manajemen Konsumen setia PLN Bob Saril menjelaskan, potongan harga akan diberi langsung ke pelanggan.

Untuk pelanggan pascabayar, potongan harga diberi secara langsung memotong tagihan rekening listrik pelanggan. Sementara itu, untuk pelanggan prabayar, diskon tarif listrik diberi saat pembelian token listrik.

“Untuk pelanggan prabayar daya 450 VA, tidak perlu terhubung token stimulus, baik di web atau service Whatsapp Stimulan, karena stimulan langsung akan diperoleh saat beli token listrik,” .

Khusus untuk pembebasan biaya beban, berlangganan, dan pembebasan ketetapan rekening minimal, pemberian stimulus akan diberi secara automatis dengan menggunting tagihan rekening listrik customer sosial, usaha dan industri.

Potongan sebesar 50 % cuman diberi untuk ongkos beban/berlangganan dan biaya penggunaan rekening minimal.

Besaran Subsidi listrik September 2021

Sementara itu, berdasar surat Kementerian Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) Republik Indonesia, subsidi listrik yang diberikan sampai Desember 2021, besarannya ialah seperti berikut:

  • Konsumen kelompok rumah tangga daya 450 Volt Ampere, usaha kecil daya 450 VA dan industri kecil daya 450 VA diberi diskon tarif listrik sejumlah 50 % dengan optimal pemakaian 720 jam nyala.
  • Konsumen kelompok rumah tangga daya 900 VA bersubsidi diberi potongan harga sebesar biaya listrik 25 % dengan optimal pemakaian 720 jam nyala.
  • Pembebasan biaya beban atau berlangganan, dan pembebasan ketentuan rekening minimal sejumlah 50 % untuk konsumen industri, usaha, dan sosial.

Keseluruhan anggaran stimulus program ketenagalistrikan sejauh 2021 sekitar Rp 12, 02 triliun. Sampai dengan semester I 2021, aktualisasi pendistribusian stimulus telah mencapai Rp 6,75 triliun.

Adapun dalam memberi service ke konsumen setia berkaitan stimulan, PLN membuka aliran aduan lewat program PLN Mobile yang bisa didownload lewat Playstore atau AppStore.

Trending:  Intip Rumah Susanti Peraih Emas Muaythai PON Papua, Hanya Beratap Daun.