Cara Berbisnis Pemula, Mulai Mental Sampai Harus Punya ATM !!

Indonesia kekurangan pengusaha muda. Perlu empat juta wiraswastawan baru untuk perkuat ekonomi negara. Masalahnya sampai sekarang baru 3% anak muda Indonesia sebagai pengusaha. Perlu strategi untuk menjadi pebisnis. berikut kita akan membahas Cara Berbisnis Pemula.

Dikutip dari situs sosial media resmi Badan Pengurus Pusat Himpunan Pengusaha Muda Indonesia @bpphipmi, sekarang ini ekosistem wiraswasta Indonesia belum sekondusif beberapa negara tetangga seperti Malaysia, Thailand, dan Singapura yang jumlah wiraswastawannya telah 8,76% dari keseluruhan warganya.

Baiknya, sebuah negara perlu mempunyai minimal 14% jumlah wiraswastawan untuk perkuat ekonomi,” catat BPPHIPMI. tidak hanya finansial, kesiapan mental juga penting bagi seorang pengusaha.¬†Karena itu, untuk anak muda yang ingin mengawali usaha,

Berbisnis Pemula

Berikut panduan dari BPPHIPMI tentang Cara Berbisnis Pemula yang bisa diaplikasikan

  1. Punya produk yang berkualitas dan berguna.

Produk yang berkualitas harus juga jadi perhatian, tidak boleh cuman asal laris saja. Sedapat mungkin mempunyai produk yang dapat memiliki daya buat, yakni bukan hanya memberikan keuntungan diri kita tapi juga untuk seseorang dan sekitar lingkungan.

  1. Berani saja dahulu.

Penting untuk berani mengawali. Saat ada ide yang rapid an ada kepercayaan untuk coba, mulai saja dahulu untuk berbisnis. Masalah kelak akan bagaimana, itu terakhir. Bila tidak dicoba, maka tidak akan mengetahui. Ya kan ?.
jika setiap memulai kita takut akan terjadi A atau takut terjadi B, kita akan tetap berada di titik sekarang, tidak akan berpindah karena takut melangkah. Semua hal wajib dicoba dan dimaksimalkan usahanya. Paling tidak ketika kita sudah mencoba, ada beberapa gambaran tentang perjalanan yang kita lalui.

Pasal, tidak semua perjalanan bisnis langsung manis. Bahkan, ada yang harus berkali Kali jatuh baru berhasil karena belajar dari pengalaman.

  1. Turuti passion.

Passion ialah kunci. Ketahui apa yang anda senangi, apa yang anda cintai, dan lakukan dengan segenap hati. Karena pelaku bisnis yang maju adalah mereka yang memiliki spirit dalam usahanya hingga tidak gampang jemu dan akan nikmati usahanya.

Trending:  Pelaku UMKM Harus Tahu, Beda Antara Bisnis dan Dagang

Selain itu, menjalani sesuatu dengan senang hati biasanya akan lebih mudah.

  1. Kerjakan dengan pengembangan inovatif.

Pengembangan inovatif penting untuk membuat usaha dapat mengalami perkembangan. Janganlah bingung karena saat mengawali sebuah usaha disanalah kreasi dan pengembangan akan banyak muncul. Berbisnis ialah satu hal yang dapat membuat kita jadi lebih besar dan berkembang.

Kreatifitas atau Inovasi termasuk dalam cara berbisnis untuk pemula. Apalagi di jaman online ini, kita harus mempunyai gebrakan dalam memulai dunia bisnis.

  1. Pakai Taktik ATM ( Amati, Teliti, Modifikasi).

tetapi, yang harus diingat, tidak boleh kelamaan memperhatikan sampai lupa menyelesaikan. Memperhatikan bukan berarti menduplikat. Selain itu, juga Tidak boleh cuman mengikuti tanpa inovasi karena kelak bisa menjadi plagiat. Dan jangan lupa langkah selanjutnya melakukan modifikasi sebagai jalan keluar.

 

“Sesudah tahu beberapa tips buat meningkatkan usaha, kemungkinan jadi ada bermacam gagasan yang dapat bantu pengusaha UMKM muda dalam peningkatan upayanya,” kata BPPHIPMI.