cata simpan timun yang benar

Bukan Disimpan di Kulkas, Tapi Ini Cara Menyimpan Timun yang Benar

Timun sudah menjadi satu diantara lalapan favorite sejuta umat. Bagaimana tidak, setiap kita makan di warung pecel lele tentu selalu ada mentimun.

Bahkan juga saat makan di dalam rumah kita kerap makan dengan timun. tidak cuman bisa saja lalapan, timun bisa juga diproses menjadi minuman fresh. seperti juice atau es timun.

Nah, karena amat jadi favorit kita sampai sering membeli timun dengan jumlah banyak. bila mempunyai timun di dalam rumah tidak boleh diletakkan di kulkas, karena ternyata ada tempat yang pas untuk menyimpan timun supaya tetap fresh dan bertahan lama.

Cara Tepat Simpan Timun Supaya Tetap Fresh dan Tahan Lama

Sejauh ini kita pernah simpan timun di kulkas. tertapi rupanya cara itu kurang pas loh.

Inilah 4 cara tepat simpan timun supaya tetap fresh dan bertahan lama.

  1. Membersihkan Mentimun

Mentimun yang baru saja dibeli dari pasar seharusnya dibersihkan. jika ada sisi mentimun yang kelihatan benyek atau berjamur, sisi itu dapat dipotong dan tersisa sisi mentimun yang bersih harus selekasnya dikonsumsi hari itu juga .

Jadi mentimun yang dapat diletakkan ialah yang fresh dan bersih.

  1. Timun Harus Kering

Sesudah dicuci, timun harus dibersihkan sampai kering sisi kulitnya. pasal, jika mentimun diletakkan pada kondisi basah, dapat cepat busuk.

Untuk menghindarinya, kita dapat membungkus mentimun gunakan tisu makan atau lap yang bersih. Ini dapat menolong permukaan mentimun masih tetap kering, hingga menahan mentimun jadi benyek dan banyak jamur.

Selanjutnya, mentimun yang telah dibungkus kertas tisu dapat ditempatkan ke tempat seperti plastik. Tetapi tak perlu yang tertutup rapat, karena saluran udara masih dibutuhkan untuk menahan kondensasi.

Kondensasi ialah proses uap air yang beralih menjadi benda cair.

  1. Tidak Perlu Diletakkan di Kulkas

Timun lebih bagus diletakkan pada tempat dengan temperatur ruang. Menurut riset dari Kampus California, mentimun peka pada temperatur di bawah 10 derajat Celcius. tetapi bila diletakkan pada suhu ruangan, mentimun dapat bertahan semakin lama.

Trending:  Ternyata Begini Cara Edit Foto Whatsapp Web, Mudah dan Gak Ribet

Bila diletakkan dengan temperatur di bawah 10 derajat Celcius mentimun rawan alami banyak hal, seperti timbulnya tempat yang benyek, berlubang, atau bisa lebih cepat busuk.

Tetapi, tidak berarti timun tidak boleh diletakkan dalam kulkas. Namun ada banyak hal yang penting jadi perhatian.

sebaiknya menyimpan mentimun itu tidak lebih dari 3 hari dan segera dimakan.

Dalam kulkas, mentimun seharusnya diletakkan pada bagian depan kulkas di dekat pintu, di mana memiliki temperatur yang lebih hangat dari biasanya.

  1. Dipisah dari Beberapa Buah Lain

Mentimun adalah salah satu buah yang peka terhadap ethylene. Ethylene adalah gas alami yang mengakibatkan makanan masak dan membusuk bisa lebih cepat.

Oleh sebab itu, seharusnya mentimun tidak diletakkan dekat dengan buah-buahan yang menghasilkan gas itu, seperti pisang, tomat, melon, apel, dan alpukat.

Dampak Menakutkan Makan Timun Saat sebelum Tidur

Pada umumnya, mentimun bagus untuk kesehatan.

Jumlah kalorinya cukup rendah dan karena itu bisa membantu mereka yang ingin turunkan berat tubuh. disamping itu, timun kaya vitamin B, potasium, dan magnesium.

Bukan hanya sebagai cemilan dingin untuk dikonsumsi, jenis sayur ini mempunyai sumber Vitamin K yang tinggi, anti-oksidan dan flavonol anti-inflamasi yang disebutkan fisetin yang berperanan penting dalam meningkatkan kesehatan otak.

Walau bagus untuk kesehatan, makan timun sebelum tidur bukanlah hal yang baik :

Ini dampak jelek makan mentimun saat sebelum tidur,

  1. Mengganggu tidur pada malam hari

Anda perlu mengetahui, timun memiliki kandungan banyak air persisnya terbagi dalam 95% air. banyak air pasti membuat merasa “penuh” dan kembung dan mengakibatkan, mengganggu tidur.

Ada argumen lain kenapa Anda cuman bisa makan mentimun dengan jumlah terbatas.

Ini karena ambil semakin banyak air dan terikat untuk mengisi kandungan kemih dan buang air kecil semakin banyak selama Anda.

  1. Tidak bagus untuk perut yang sensitif

Mentimun bukan cemilan yang ramah untuk orang dengan perut sensitif.

Trending:  Ada Lowongan Kerja di Pertamina, Daftar Yuk !

Ini memiliki kandungan bahan yang dimaksud cucurbitacin, yang merupakan bahan kuat, yang diketahui mengakibatkan permasalahan pencernaan.

Bahkan juga, sedikit menggeram atau masalah pencernaan bisa mengakibatkan perut kembung atau bersendawa, yang satu kali lagi membuat susah untuk istirahat secara mudah.

Orang yang menderita Irritable Bowel Syndrome (IBS) dianjurkan untuk kurangi konsumsi mentimun untuk membantu pencernaan.