Cara Mengubah Jaringan 4G ke 5G
Cara Mengubah Jaringan 4G ke 5G

Biar Internet Lebih Ngebut, Begini Cara Mengubah Jaringan 4G ke 5G

Konektivitas 5G sudah resmi meluncur di Indonesia, walau baru beberapa wilayah saja. Dan hanya bekerja pada beberapa piranti yang telah mendukung saja. namun, ada cara mengubah jaringan 4G ke 5G agar Internet Lebih Ngebut.

Tetapi, Kecepatan konektivitas 5G ini sangat cepat dibanding angkatan awalnya, yakni konektivitas 4G. Dengan beberapa kelebihannya, banyak pemakai Android yang ingin mengetahui cara ubah jaringan 4G ke 5G.

Meskipun HP Android telah memberikan dukungan tehnologi 5G, tetapi diperlukan langkah untuk menggantinya ke jarngan 4G. Bagaimana caranya?

Berikut Tutorial Cara Mengubah Jaringan 4G ke 5G di HP Android.

  1. Masuk Menu Pengaturan atau Setting

Pertama, untuk ganti jaringan ke 5G, masuk pada menu pengaturan. Dalam menu pengaturan ini, silakan pilih “Kartu Double dan Mobile“.

Selanjutnya pemakai bisa ketahui jaringan data dan SIM standar yang dipakai untuk akses internet. Setelah itu tentukan menu APN yang berada di monitor handphone.

APN atau Akses Poin Name berperan sebagai prosedur yang memungkinkan handphone terhubung baik dengan akses internet.

Yakinkan saat sebelum ganti jaringan ke 5G, komposisi kartu pertama yang dipakai telah betul. Kekeliruan komposisi bisa membuat internet yang terhubung jadi kurang kuat bahkan juga tidak bisa dipakai sama sekalipun.

  1. Mengatur APN Baru

Masuk dalam menu APN dan tentukan “APN Baru“. Selanjutnya ada beberapa kolom pertanyaan yang perlu diperlengkapi. Kolom pertanyaan berisi info khusus seperti profile pemakai, username, sandi, tipe autentifikasi atau proxy.

Isi nama pemakai dengan nama bebas. Selanjutnya isi password yang hendak dipakai. Baiknya pakai password yang simpel dan gampang diingat.

  1. Konfigurasi Server dan Prosedur APN

Langkah ubah jaringan 4G ke 5G selanjutnya dengan cara konfigurasi. Konfigurasi sebagai proses pengaturan atau pembuatan sisi yang ada pada suatu perangkat.

Trending:  10 Aplikasi Pembersih Sampah Terbaik untuk PC dan Laptop

Pada kolom pertanyaan, pemakai bisa isi dengan 8.8.8.8 dan 510 pada MCC. Pemakai harus juga isi MNC dengan angka 11. Beberapa piranti yang lain, pada pilihan ini akan secara automatis terisi.

Pada prosedur APN dan roaming APN, tentukan IPv4/IPv6. IPv4/IPv6 sebagai tipe internet prosedur yang dibedakan dari panjang alamatnya.

Pemakaian IPv4 sebagai internet prosedur bisa mengakibatkan kerap berlangsungnya roaming Dan IPv6 dipakai sebagai internet prosedur. Kemudian, click tombol usai yang ada di sudut atas kanan dan tentukan oke.

  1. Lakukan Speedtest

Selanjutnya, jangan langsung ganti jaringan jadi 5G. Dianjurkan kerjakan speedtest untuk memeriksa kecepatan akses internet mobile atau Wi-Fi. Program ini bisa diunduh lewat speedtest.net oleh berbagai tipe platform.

  1. Ganti Jaringan ke 5G

Kembali pada menu pengaturan dan ubah jaringan jadi 5G. Untuk mengetahui bedanya, check kecepatan akses internet dengan speedtest. Pemakai bisa juga mengganti jaringan ke 6G lewat program telephone dengan code *#*#4636#*#*.

Itulah cara mengubah jaringan 4G ke 5G bagi pemakai HP Android untuk dapat rasakan akses internet cepat ala-ala jaringan 5G.

Semoga Bermanfaat.