Berbagai Teknologi Masa Depan Canggih

Warta Berita Baru

Teknologi masa depan memang bisa membuat kita terkesima. Tentu saja hal ini disebabkan karena adanya perubahan di dalam dunia teknologi. Sebenarnya, seperti apa kecanggihan yang dimiliki dunia dalam beberapa tahun ke depan ini.

Entah sekali atau dua kali, pasti kamu pernah merasa seperti kagum dengan adanya perkembangan teknologi yang ada di depan mata. Mungkin, kamu juga akan berpikir, seperti apa dampak yang diberikan teknologi tersebut.

Padahal, cepat maupun lambat, nantinya kamu bisa tidak sadar jika berbagai macam teknologi di masa depan sebenarnya bisa terwujud. Bahkan di tahun ini, teknologi-teknologi canggih sudah mulai dinikmati oleh banyak orang.

Berbagai Macam Teknologi Masa Depan yang Canggih

Lantas, apa saja teknologi di masa depan yang canggih dan akan terwujud. Berikut berbagai macam teknologi yang mengagumkan di masa depan:

  1. Layar smartphone yang fleksibel


Teknologi layar smartphone yang fleksibel sepertinya sudah terlihat sekarang ini. Peluncuran teknologi ini dimulai oleh Samsung. Samsung mulai meluncurkan produk dengan memunculkan layar Super Active Matrix Organic Light Emiting Diode yang dapat dilipat.

Tentu saja nantinya hal ini akan menjadi sebuah trend. Trend ke depan bukan ponsel pintar berbodi tipis lagi, namun ponsel dengan layar fleksibel, dan penuh sehingga dapat memudahkan pengguna menyimpan gadgetnya.

Beberapa brand sudah memproduksi smartphone dengan teknologi ini. Kamu bisa membeli produk dari Huawei Mate XS, Motorola RAZR, hingga Samsung Galaxy Z Flip.

  1. Handphone hologram


Hologram pada dasarnya merupakan sebuah teknologi yang bisa kamu gunakan untuk berbagai macam tujuan seperti bisnis, pendidikan hingga hiburan. Dengan menggunakan hologram, nantinya kamu bisa melihat visual objek dengan imersif maupun 3D.

Kamu bisa dengan mudah melihat visual sebuah objek dengan cara 3D tanpa harus ada di dekatnya. Proyek menarik ini pernah dilakukan untuk membuat penonton melakukan interaksi langsung dengan survivor tanpa keberadaannya di atas panggung.

  1. Autonomous car


Self driving car atau autonomous car merupakan teknologi masa depan kendaraan yang bisa membawa penumpangnya tanpa perlu supir untuk mengemudikannya. Sistem kerja yang dimiliki kendaraan ini menggunakan kamera bersensor khusus.

Dengan sensor tersebut, bisa mendeteksi gerakan. Gerakan di lingkungan sekitar nantinya akan di deteksi, citra dari kamera ini diproses dengan kecerdasan buatan agar bisa menentukan tujuan dan arah kendaraan

  1. Sepatu sneakers pintar


Sneakers yang pintar ini bisa mendeteksi gerakan pengguna dari mulai berjalan, mendaki hingga lari. Sepatu yang sangat pintar ini nantinya bisa mengirimkan informasi seperti jumlah kalori yang terbakar, kecepatan hingga jarak tempuh.

Informasi tersebut nantinya akan dikirimkan ke ponsel yang kamu sambungkan. Kecanggihan sepatu ini ditenagai dengan bateri yang bisa bertahan hingga 60 hari lamanya. Salah satu pilihan sepatunya adalah Nike Adapt BB.

  1. Skateboard terbang


Sebenarnya, skateboard terbang bukan lagi menjadi teknologi masa depan, karena saat ini sudah banyak dijual di pasaran. Skateboard terbang atau yang lebih sering disebut dengan hoverboard menjadi trend kendaraan saat ini.

Skateboard terbang ini bekerja dengan menyeimbangkan secara otomatis kondisi badan serta navigasi yang dimilikinya. Sebenarnya, sepatu yang diharapkan di masa mendatang ialah perangkat yang bentuknya mirip skateboard dan bisa benar-benar melayang di udara.

  1. Mesin untuk melipat pakaian


Terkadang, kita merasa malas melipat baju di rumah, atau merasa capek karena melihat jumlah cucian yang terus menerus menumpuk. Kedepannya, akan ada teknologi yang digunakan untuk melipat baju.

Teknologi ini akan bisa membantumu. Dengan menggunakan mesin ini, nantinya kamu hanya perlu menggantung baju yang ingin kamu lipat di mesin dan mesin akan melipatkannya dengan otomatis.

  1. Mobil terbang

Teknologi masa depan mobil terbang sebentar lagi sepertinya juga akan terwujud. Mobil seperti kendaraan di film akan bisa kamu lihat secara nyata terbang di angkasa.

Mobil terbang ini dapat berjalan di udara maupun di jalan biasa. Namun, pengemudinya memerlukan sertifikasi pilot agar bisa menjalankannya serta menjamin keselamatan operasional mobil ini.

  1. Kereta hyperloop

Sebenarnya, hyperloop sudah mulai diperkenalkan oleh Elon Musk, CEO Tesla serta Space X. Elon memiliki ambisi mendorong kota-kota besar mempunyai moda transportasi yang aman, cepat serta bisa mengangkut jumlah penumpang yang banyak.

Kereta hyperloop ini nantinya bisa mengangkut penumpang dengan kecepatan 1.700 km per jam, dan dapat mengangkut penumpang 20 hingga 40 orang. Tentunya akan secepat kilat.

  1. Wisata luar angkasa

Teknologi masa depan di dalam dunia antariksa juga begitu pesat. Sebentar lagi, kamu juga dapat menikmati indahnya berwisata dengan melihat bumi dan bulan di ruang hampa atau di luar angkasa.

NASA serta Space X sekarang ini sedang mengusahakannya, bahkan orang-orang dapat mendaftar untuk melakukan perjalanan wisata. Jadi, sudah membayangkan keseruannya.

  1. Teleportasi

Teleportasi hingga sekarang memang hanya bisa kamu temukan di atas kertas saja. Selain itu jurnal ilmiah dengan bentuk persamaan sistematis juga membahasnya. Tetapi, bila konsep matematis yang dimilikinya sudah ada, teknologi teleportasi bisa saja terwujud.

Teleportasi bisa menjadi sebuah perkembangan teknologi masa depan. Teleportasi ini ditengarai oleh adanya konsep wormhole. Konsep ini ditemukan akibat teori relativitas Einstein serta gravitasi pada konsep waktu dan ruang.

Hal yang menarik, seorang ilmuan dari Rusia yang mengaku bekerja untuk Vladimir Putin mengklaim jika sedang mengembangkan teknologi ini dan benar-benar akan menghadirkannya dalam dunia nyata.

Teknologi teleportasi yang mungkin hanya bisa kita lihat di dalam film. Seperti film Star Trek, nantinya akan selesai di tahun 2035 nanti.

  1. Memprediksi pemilu cengan kondisi cuaca

James Bridle memiliki proyek terbaru. Proyek terbaru yang digagasnya tersebut menunjukkan bila kondisi cuaca bisa mempengaruhi jumlah voting yang dilakukan ketika pemilu.

Kemudian dirinya membangun model machine learning, model ini dilakukan untuk memprediksi seperti apa hasil pemilu yang berdasarkan pada kondisi cuaca tersebut.

Hal ini memang terkesan random, namun intinya, artifiial intelligence sudah banyak dipergunakan untuk kehidupan nyata sekarang ini. meskipun penggunaan teknologi ini masih memerlukan penyempurnaan kedepannya.

  1. Robot tentara

Teknologi masa depan robot tentara pasti sudah pernah kamu dengar. Robot tentara diprediksi menjadi objek perkembangan teknologi pada masa depan dan di dunia militer. Perhitungan komputer dan akurasi menjadi alasannya.

Jumlah korban nyawa manusia juga menjadi salah satu alasan kuat mengapa negara seperti Amerika dan China mengembangkan teknologi ini. Jadi sudah bisa dibayangkan, seperti apa kuatnya robot ini.

  1. Senjata laser

Perkembangan teknologi memang menyentuh sektor militer seperti senjata laser. Senjata laser seperti senjata generasi yang selanjutnya. Prototipe dari senjata laser sudah diuji coba serta bisa menghancurkan kapal kecil.

Senjata ini bisa menembak jatuh rudal serta pesawat nirawak. Tetapi, senjata ini belum bisa mengubah wajah dari peperangan dunia, karena belum bisa diproduksi dengan jumlah besar.

Dari berbagai amcam teknologi di atas, mungkin ada beberapa teknologi yang memang sudah kamu dengar sebelumnya. Setiap kemajuan teknologi masa depan tentu saja akan diikuti dengan sisi positif serta negatif.

Also Read

Tinggalkan komentar

Ads - Before Footer