Begini Cara Mengatasi Laptop Hang

Warta Berita Baru

Laptop yang lancar ketika digunakan untuk bekerja atau pun bermain membuat kita nyaman memakainya, tetapi kenyamanan kita bisa saja terganggu apabila laptop tiba-tiba hang. Ketika hal itu terjadi, anda bisa menerapkan beberapa cara mengatasi laptop hang yang ada di artikel ini.

Untuk waktu saat ini, laptop sudah menjadi kebutuhan pokok bagi para pelajar, guru, mahasiswa, maupun pengusaha. Dikarenakan tampilan laptop yang mudah untuk dibawa kemana saja, membuat laptop menjadi salah satu perangkat yang mustahil untuk dipisahkan dari kehidupan sebagian besar orang-orang saat ini.

Seiring perkembangan teknologi dan software internet, banyak pengguna laptop yang menginstall aplikasi tanpa melihat prioritas aplikasi yang dibutuhkan untuk membantu pekerjaan.

Hal ini yang memungkinkan laptop menjadi hang/not responding, lemot, bahkan mengalami crash karena kelebihan beban aplikasi dan tanpa melihat spesifikasi dari laptop itu sendiri.

Laptop yang hang dapat datang secara tiba-tiba tanpa kita duga sebelumnya. Hal ini bisa terjadi pada sistem operasi windows apapun, baik itu Windows 7, Windows 8, maupun Windows 10 sekalipun.

Semuanya dapat mengalami hang kapan pun. Lalu apa penyebab dan bagaimana cara mengatasi laptop hang? Simak keterangan berikut ini;

Penyebab Laptop Hang

1. Kekurangan memory

Masalah laptop hang karena minimnya RAM yang terpasang, hal yang umumnya sudah diketahui oleh semua pengguna laptop.

Untuk itu cobalah cek kapasitas memory yang terpasang, untuk laptop sekelas Intel Pentium 4 dengan OS Windows XP dan aplikasi standar, sebaiknya untuk meng upgrade memory menjadi minimal 1 GB.

2. Terlalu banyak startup programs dan service yang berjalan

Hal ini berkaitan dengan point pada nomor 2, semakin banyak program yang terinstall, maka akan semakin banyak pula program dan service yang akan dijalankan ketika windows startup.

Untuk menonaktifkan startup program dan service yang berjalan otomatis tersebut, masuklah ke “System Configuration Utility” dengan cara mengetikkan msconfig pada menu run, kemudian pada tab service dan startup lakukan uncheck terhadap aplikasi-aplikasi yang tidak diperlukan.

Untuk melihat aplikasi apa saja yang sedang berjalan, anda dapat menggunakan tool Prosesexplorer. Dengan tool ini anda dapat melihat dan menonaktifkan (kill) aplikasi apa saja yang tidak diperlukan atau dicurigai sebagai virus.

3. Terlalu banyaknya program yang terinstall

Periksalah program apa saja yang terpasang dengan cara klik Add/Remove Program di Control Panel dan uninstall program-program yang tidak diperlukan.

4. Temporary File yang sudah membengkak

Penyebab laptop hang berikutnya adalah membengkaknya file-file temporary (sementara). Untuk Windows Xp lokasi file tersebut terdapat di “C:\Documents and Settings\nama_user\Local Settings\Temp” dan “C:\WINDOWS\Temp”.

Untuk membersihkannya, hapus file-file yang terdapat di kedua lokasi tersebut atau jalankan program Disk CleanUp dengan cara klik start-run, kemudian ketik “cleanmgr” lalu pilih drive yang akan di CleanUp.

5. Terlalu banyak program yang berfungsi sebagai “security program”

Security program seperti program antivirus dan firewall merupakan aplikasi tambahan yang harus ada pada laptop, dengan catatan jangan terlalu berlebihan. Misal dengan menginstall 2-3 program antivirus sekaligus.

6. Masalah pada harddisk

Hardisk merupakan komponen kedua setelah RAM yang dapat menyebabkan laptop menjadi hang. Masalah laptop hang yang disebabkan oleh harddisk ini diantaranya karena:

  • harddisk low space.
  • harddisk yang terfragmentasi.
  • harddisk yang sudah lama, sehingga rpm nya menurun.
  • harddisk error / bad sector.

Lalu cara mengatasi laptop hang karena masalah pada hardisk diatas adalah:

  • upgrade kapasitas hardisk dengan menambah atau mengganti harddisk.
  • lakukan defragmenter pada hardisk secara berkala
  • hindarkan harddisk dari debu, goncangan dan panas yang berlebih.
  • perbaiki kerusakan pada harddisk dengan tool checkdisk atau dengan cara manual:
  1. Pertama buka Windows Explorer, klik kanan pada harddisk C > Properties > Pilih “tools” > Check Now.
  2. Lalu centang “scan for and attempt recovery of bad sector”.
  3. Kemudian klik start.

7. Terdapat corrupt pada System Files atau bahkan hilang.

Biasanya terjadi setelah laptop terinfeksi virus, dan file-file yang terinfeksi tersebut terlanjur rusak atau terhapus oleh antivirus. Solusi yang paling mudah adalah dengan merepair sistem operasi yang digunakan.

8. Adanya virus, malware atau spyware pada laptop.

Apabila laptop sudah terlebih dahulu terserang virus atau malware, maka sebaiknya jalankan Windows Safe Mode, matikan fasilitas system restore dan gunakanlah program Virus Cleaner.

Misalnya Norman Malware Cleaner untuk membersihkan virus atau malware tersebut dan lakukanlah update pada sistem operasi.

9. Laptop hang karena masalah hardware overheat

Hardware overheat, baik itu terjadi pada hardisk, vga card, processor atau CPU secara umum dapat menyebabkan menurunnya kinerja laptop yang pada akhirnya laptop menjadi hang, lambat atau bahkan sering restart dengan sendirinya.

Untuk itu pastikan sirkulasi udara pada bagian dalam CPU berjalan dengan baik, begitu juga pada fan (kipas angin) agar selalu bersih dari debu dan dapat berputar dengan lancar.

10. Adanya masalah konektifitas pada jaringan

Hal ini dapat terjadi karena traffic jaringan yang tinggi, hub atau switch yang hang atau terdapat virus yang mencoba masuk ke sistem laptop.

Untuk mengatasinya, cobalah melepas dan pasangkan kembali konektor RJ45 pada LAN Card atau Roset LAN, restart Switch / hub dan gunakan program Port scanner untuk melihat paket data apa saja yang masuk dan keluar dari laptop.

Cara Mengatasi Laptop Hang di Windows

Anda dapat melakukan langkah-langkah berikut untuk mengatasi laptop hang/not responding saat baru dinyalakan, saat booting maupun ketika sedang anda gunakan.

Jika berhasil biasanya hanya bersifat sementara dan bisa datang lagi sewaktu-waktu. Untuk itu, anda dapat menyimak poin demi poin dibawah ini.

Mengatasi masalah laptop hang saat booting/masuk BIOS

  1. Restart laptop anda terlebih dahulu, lalu masuk ke mode BIOS. Setiap laptop memiliki tombol yang berbeda pada saat akan masuk ke dalam mode BIOS, sesuaikan dengan merk laptop anda.
  2. Setelah masuk tampilan BIOS, pilih Advanced BIOS Features kemudian cari yang berkaitan dengan BIOS cache. Jika sudah, disable pilihan tersebut.
  3. Selanjutnya simpan dengan menekan F10, lalu tekan enter.

Cara mengatasi laptop hang saat baru dinyalakan (starting)

Saat startup dan akan masuk windows, adakalanya laptop menjadi hang secara tiba-tiba. Hal seperti ini mungkin disebabkan karena beberapa hal, diantaranya:

  1. Program windows bermasalah, bisa dikarenakan missing file system, corrupt dan virus. Cobalah untuk scan registry dengan CCleaner dan scan virus dengan antivirus.
  2. RAM dan kotor pada kipas. Solusinya adalah membersihkan RAM menggunakan penghapus karet, kuas, atau vacum cleaner. Jika ragu untuk mencobanya, bawalah ke teknisi andalan anda.
  3. Kemungkinan yang lain bisa anda analisa dengan lebih baik. Mungkin saja ini disebabkan oleh motherboard yang bermasalah. Jika ingin mencoba untuk memperbaiki sendiri, bertanyalah kepada orang-orang yang lebih ahli pada hal itu.

Cara mengatasi laptop yang not responding

Untuk mengatasi masalah yang satu ini, lakukan hal dibawah ini:

  1. Tekan Ctrl + Shift + Esc, selanjutnya pilih program yang not responding dan klik end task.
  2. Untuk alternatif lain, coba anda tekan Ctrl + Alt + Del lalu pilih salah satu opsi. Jika ingin mematikan program, pilih saja task manager dan lakukan seperti penjelasan tadi.
  3. Setelah itu, biasanya laptop akan kembali normal.

Cara mengatasi laptop hang saat bermain game

Ada beberapa penyebab lain yang menjadikan laptop hang saat digunakan bermain game, misalnya:

  1. Spesifikasi laptop yang kurang memadai.
  2. Kipas pada laptop yang mati.
  3. Masalah pada harddisk.
  4. Processor dan VGA card yang terlalu panas.
  5. RAM atau VGA Card yang mengalami kerusakan.

Cara mengatasinya sebagai berikut:

  • Sesuaikan spesifikasi laptop dengan game yang diinstall.
  • Pasang kipas tambahan pada laptop.
  • Periksa keadaan VGA card dan RAM.
  • Uninstall game tersebut.

 

Diatas adalah macam-macam penyebab laptop hang dan cara mengatasinya. Anda dapat menganalisa permasalahan laptop yang tiba-tiba mengalami hang.

Also Read

Tags

Tinggalkan komentar

Ads - Before Footer