8 Aplikasi Penghemat Baterai Paling Sering Digunakan 2021

Warta Berita Baru

Aplikasi penghemat baterai akan sangat membantu Kamu bagi para pengguna ponsel. Saat ini banyak sekali berbagai tipe smartphone dijual di pasaran. Ketika membeli HP, kebanyakan orang lebih mementingkan fitur kamera daripada melihat dari segi baterainya.

Selain kamera, ketika membeli ponsel, memori internal dan eksternal juga paling diperhatikan. Ini berhubungan dengan kemampuan ponsel dalam menyimpan foto atau video. Tentu Kamu pernah mengalami kehabisan baterai secara tiba-tiba, bukan?

Ada beberapa penyebab kenapa baterai boros, diantaranya tingkat keterangan layar, fitur yang masih berjalan, dan masih banyak lagi lainnya. Namun meski begitu, Kamu tidak perlu sering melakukan pengisian untuk mengatasinya karena sudah tersedia aplikasi penghemat baterai.

Dengan memakai software itu diharapkan para pemilik HP yang memiliki permasalahan terhadap baterainya bisa segera teratasi masalahnya dengan cepat. Sehingga menggunakan HP terasa lebih nyaman dan tidak bingung lagi saat harus melakukan aktivitas secara mobile.

Faktor penggunaan ponsel merupakan salah satu hal paling berpengaruh terhadap baterai. Selain menggunakan power bank sebagai cadangan, ada alternatif lain untuk menghemat baterainya. Berikut ini ada 8 aplikasi penghemat baterai yang bisa dicoba, antara lain:

Avast Software Terbaik untuk Menghemat Baterai


Software khusus ini sering dipilih tahun ini karena efektif menghemat daya. Aplikasinya bernama Avast battery saver, Software ini sebenarnya banyak digunakan untuk perangkat PC dan laptop. Avast sendiri lebih dikenal sebagai antivirus daripada penghemat daya.

Avast tidak hanya bekerja untuk menghemat daya ponsel Kamu saja. Namun secara otomatis juga dapat menghapus cache, data sisa, mengatur tampilan layar yang berhubungan dengan penggunaan daya. Sehingga penggunaan baterai laptop menjadi tidak boros.

Beruntungnya, sekarang Avast bisa Kamu unduh dan install langsung ke dalam HP untuk aplikasi penghemat baterai. Kinerjanya sama seperti pemakaian PC dan laptop karena bisa membuat beban pemakaian aplikasi berkurang. Ini akan menghemat baterainya.

Avast juga sekaligus membersihkan ruang penyimpanan dengan menghapus file duplikasi. Umumnya hal tersebut merupakan virus yang didapat pada saat melakukan berbagai aktifitas melalui internet. Mengingat softwarenya multifungsi sehingga cukup diminati banyak orang.

Aplikasi Penghemat Baterai Easy Battery Saver 


Kemungkinan pada saat menggunakan power saving seperti ini beberapa fitur tidak bekerja optimal. Sebab ponsel Kamu diarahkan untuk menyesuaikan dengan penghematan daya. Namun fitur penting tetap berjalan baik.

Tombol “Optimize” pada software ini sangat multifungsi kinerjanya karena dapat digunakan untuk mendeteksi sekaligus mengatur berbagai software agar kinerjanya lancar tapi tidak memakan banyak daya. Kamu dapat mengetahui kinerjanya dari menu ini secara langsung.

Aplikasi akan menunjukkan waktu yang berhasil dihemat. Sehingga bisa ditentukan sendiri fitur apa yang masih bisa optimal digunakan. Software ini juga memberi beberapa pilihan dalam hal saving mode.

Kamu bisa memilih salah satu saving mode sesuai kebutuhan. Misal untuk pengguna sosial media aktif, bisa mengakses fitur-fitur terkait namun hemat daya. Pengambilan gambar untuk update media sosial bisa maksimal.

Aplikasi Penghemat Baterai Go Battery Saver


Software ponsel khusus yang satu ini kinerjanya tidak kalah efektif dari aplikasi pendukung pada umumnya. Jika ponsel yang digunakan sekarang ini cepat panas pada saat digunakan, bisa jadi permasalahan ada pada daya baterainya.

Untuk penggunaan beberapa aplikasi berat seperti video, game online, baterai cepat panas. Tidak heran jika perlu mengisi ulang selama beberapa kali sehari. Dengan menginstal software khusus ini, maka Kamu dapat menghemat pemakaian daya HP.

Sering sekali pengguna smartphone tidak sadar bahwa beberapa fitur membutuhkan lebih banyak daya. Go Battery Saver akan mendeteksi dan menginformasikan pada pengguna, fitur apa saja yang boros daya tersebut.

Dengan informasi tersebut, Kamu bisa menghapus atau menghentikan kinerja fitur tidak penting. Sehingga daya ponsel lebih tahan lama untuk penggunaan beberapa jam ke depan. Kamu bisa download sendiri aplikasi ini.

Aplikasi Penghemat Baterai Green Battery


Green Battery sangat mudah digunakan, cukup tap pada save power. Dengan otomatis, penggunaan daya pada ponsel akan dihemat dengan cepat. Cara kerja Green Battery adalah mengurangi kecerahan tema.

Contoh, pada penggunaan luar ruangan, Kamu bisa memaksimalkan kecerahannya agar bisa melihat dengan jelas. Namun ini akan menguras daya lebih cepat dan menyebabkan ponsel panas. Secara otomatis, tema Kamu akan diredupkan.

Secara instan, daya akan dihemat dalam kapasitas lebih banyak. Aplikasi ini juga merawat baterai ponsel sehingga tahan lama. Terdapat fitur battery protection yang mendukung perawatan tersebut.

Penghematan dapat dimaksimalkan dengan cepat menggunakan fitur advanced power saving. Pada saat fitur ini aktif, maka aplikasi yang Kamu buka akan ditutup otomatis. Dengan begitu akan memperpanjang pemakaian smartphone.

Aplikasi Penghemat Baterai ACCU Battery


Selain memperpanjang masa pakai smartphone Kamu dalam sehari-hari, terdapat fitur lain yang dapat memaksimalkan daya kerja saat menggunakan software ini. Itulah sebabnya aplikasi ini banyak direkomendasikan oleh pengguna HP saat ini karena lebih praktis.

Battery Health, salah satu fitur unik dan bermanfaat karena menghentikan pengisian daya pada saat sudah penuh. Meminimalisir kerusakan karena over charging. Kamu juga bisa menggunakan fitur fast charging.

Serupa dengan aplikasi penghemat daya lain, ACCU Battery juga memonitor aplikasi apa saja yang menyebabkan daya terkuras. Kamu bisa mendapatkan informasi tersebut secara akurat, dan menutup aplikasi boros daya.

Kaspersky Battery Life Efektif Menghemat Daya HP


Merupakan produk perangkat lunak besutan Kaspersky, memiliki banyak keunggulan. Pengguna dapat mengetahui fitur dan aplikasi apa saja yang boros baterai. Pengguna dapat menutup secara manual, bisa juga mengatur otomatis.

Tidak memakan ruang memori di smartphone karena hanya sebesar 7 mb saja. Pengunduhan melalui Google play store dengan mudah dan praktis. Jika koneksi internet lancar, dalam hitungan detik langsung terpasang.

Software yang satu ini memiliki tampilan sederhana. Pengguna pemula dapat mengoperasikan dengan mudah. Smartphone Kamu dijamin dapat digunakan lebih lama untuk berbagai kesempatan baik indoor atau outdoor.

Screen Filter, Software Sederhana Multifungsi


Aplikasi penghemat baterai
ini memiliki cara kerja yang lebih sederhana namun multifungsi. Kamu bisa mengetahui aplikasi ini bekerja dari tingkat kecerahan ponsel. Pada pengaturan bawaan smartphone Kamu memiliki tampilan lebih terang.

Bagus digunakan di dalam maupun luar ruangan. Tidak jarang para pengguna justru memaksimalkan tingkat kecerahan pada penggunaan outdoor. Tanpa disadari hal ini menyebabkan daya smartphone cepat terkuras.

Jika Kamu menggunakan Screen Filter pada smartphone, secara otomatis tingkat kecerahan akan turun. Ini membuat smartphone Kamu melakukan penghematan daya sampai 50%. Artinya, ponsel bisa digunakan seharian penuh.

Software HP Battery Optimizer and Widget


Terdapat beberapa fitur yang dapat memaksimalkan kinerja smartphone Android. Sesuai namanya, widget, bisa dipasang pada layar utama sehingga bisa mengontrol penggunaan fitur smartphone. Aplikasi pilihan bisa mudah ditemukan.

Kamu bisa menggunakan beberapa menu yang tersedia. Misalnya saja seperti menu super save, malam, balance. Masing-masing memiliki cara kerja berbeda yang berhubungan dengan penggunaan HP itu sendiri jadi bisa disesuaikan kebutuhan pengguna.

Ingin menggunakan pengaturan pribadi, Kamu bisa memilih custom user. Disini pengguna smartphone bisa menentukan manakah fitur yang perlu dipertahankan, sedangkan fasilitas lain bisa ditutup untuk mendukung kinerja aplikasi penghemat baterai.

Also Read

Tinggalkan komentar

Ads - Before Footer