Beda Peruntukan, Apa Perbedaan Domain.net dengan Domain.com ?

Azza Azzahra

Beda Peruntukan, Apa Saja Perbedaan Domain.net dengan Domain.com ?

Apa Perbedaan Domain.net dengan Domain.com ? Berikut pembahasan tentang perbedaan antara kedua domain tersebut.

Domain adalah alamat unik yang diberikan untuk mengidentifikasi suatu situs web di internet. Ada banyak jenis domain yang tersedia, termasuk .net dan .com.

Baca Juga : Jaringan Komputer Skala Dunia Atau Global Disebut

Perbedaan Domain.net dengan Domain.com

Tujuan Penggunaan

Domain.net dirancang untuk digunakan oleh organisasi yang berfokus pada teknologi informasi atau layanan jaringan. Sedangkan, domain.com lebih umum dan cocok digunakan oleh semua jenis industri.

Pada awalnya, domain.net digunakan oleh perusahaan yang terlibat dalam pengembangan jaringan dan infrastruktur komputer seperti ISP (Internet Service Provider) dan penyedia hosting.

Sementara itu, domain.com lebih populer karena telah digunakan sejak tahun 1980-an dan menjadi simbol dari bisnis dan e-commerce.

Tipe Bisnis

Berdasarkan tujuan penggunaannya, domain.net lebih cocok digunakan oleh bisnis yang berfokus pada teknologi informasi seperti software development dan cybersecurity.

Sedangkan domain.com cocok digunakan oleh hampir semua jenis bisnis, terutama bisnis yang menjual produk atau jasa secara online.

Misalnya, domain.com sering digunakan oleh toko online, situs berita, dan perusahaan media sosial.

Availability

Karena domain.com lebih populer, maka domain ini biasanya lebih sulit untuk didapatkan. Hal ini dikarenakan banyak orang yang sudah menggunakannya untuk situs web mereka.

Oleh karena itu, jika ingin menggunakan domain.com, Anda harus bersaing dengan banyak orang untuk mendapatkannya.

Sebaliknya, domain.net lebih mudah didapatkan karena kurang populer dan umumnya belum banyak yang menggunakannya.

Baca Juga : Web Hosting

Harga

Harga domain.net dan domain.com juga berbeda. Harga domain.com biasanya lebih mahal daripada domain.net, terutama jika domain tersebut sudah digunakan oleh orang lain.

Namun, jika Anda ingin membeli domain baru, maka harganya mungkin tidak akan jauh berbeda antara domain.net dan domain.com.

SEO

Domain.com dianggap lebih SEO friendly daripada domain.net. Ini dikarenakan domain.com lebih umum dan dikenal oleh pengguna internet secara global.

Selain itu, domain.com lebih mudah diingat sehingga pengguna internet lebih cenderung menggunakan domain ini dibandingkan dengan domain.net.

Namun, hal ini tidak berarti bahwa domain.net tidak SEO friendly sama sekali. Kualitas konten pada sebuah situs web lebih berpengaruh dalam optimasi mesin pencari.

Kesimpulan

Sekarang Anda telah mengetahui perbedaan antara domain.net dan domain.com. Dalam memilih domain untuk bisnis Anda, pastikan untuk memperhatikan tujuan bisnis Anda, jenis bisnis, ketersediaan domain, harga serta pengaruh SEO dari domain tersebut.

Jika bisnis Anda berfokus pada teknologi informasi atau layanan jaringan, maka domain.net bisa menjadi pilihan yang tepat.

Sementara itu, jika bisnis Anda adalah e-commerce atau toko online, maka domain.com dapat menjadi pilihan yang lebih tepat.

Namun, pastikan untuk melakukan riset yang baik sebelum membeli domain agar dapat memilih domain yang cocok untuk kebutuhan bisnis Anda.

Also Read

Ads - Before Footer