Android 12 Diluncurkan, Ini Fitur Baru Serta HP yang Bisa MengUpdatenya

Azza Azzahra

Android 12 siap diluncurkan

Android 12 siap-siap dikeluarkan pada September ini, seusai versi Android 12 Beta 5 atau beta paling akhir untuk versi OS ada. Beta 5 jadi kesempatan paling akhir untuk pengembang pastikan aplikasi mereka sudah siap dihadirkan.

Dilansir dari Tom’s Guide, bocoran baru punya pimpinan redaksi XDA Developers Mishaal Rahman mengakui jika Android 12 akan dikeluarkan dengan resmi pada 4 Oktober.

Berikut Sejumlah Fitur yang Bakal Hadir di Android 12 :

  1. Penampilan UI Baru

Mekanisme terkini ini tampilkan material baru dan menarik, dari segi warna dialek di wallpaper, topik tema enteng, dan penampilan yang lebih terintegrasi.

Pemakai bisa juga mengganti sendiri pilihan tema, peralihan pada bayang-bayang pemberitahuan dan setting cepat. Google menyebutkan penampilan ini “lebih intuitif dan menyenangkan” dan jadi peralihan visual besar yang dikenalkan perusahaan.

  1. Penambahan Setting Cepat

Android 12 memungkinkan Anda lakukan semakin banyak hal dari menu itu, terhitung terhubung Google Play dan Kontrol Rumah untuk piranti yang tersambung.

Namun kenyataannya, Google mengeklaim jika pemakai bisa mengatur sebagian besar mekanisme operasi dengan satu ketukan.

  1. Langkah baru peluncuran Google Assistant

Google merencanakan untuk menambah sistem lain untuk aktifkan asisten digitalnya disamping cuman menjelaskan, “Hai, Google”. Pihak Google mengonfirmasi jika menekan lama tombol beranda saat ini mengeluarkan Google Assistant.

  1. Perform yang lebih bagus dan efektivitas daya

Google mengeklaim sudah mengurangi waktu CPU yang diperlukan buat service sistem inti sampai 22% dan pemanfaatan inti besar oleh server sistem sampai 15%. Dengan demikian sistem jadi lebih efektif dan masa gunakan battery semakin lebih lama.

  1. Scrolling screenshots

Android 12 memberikan dukungan tangkapan monitor berguling, memungkinkan pemakai menangkap semakin banyak sekaligus dibanding harus memakai banyak gambar. Sesungguhnya fitur ini ada di Android 12 Beta 3, tetapi tetap membutuhkan beragam pembaruan.

  1. Privacy

Nanti ada di Android 12, Google akan sediakan dashboard privacy baru tempat Anda bisa menyaksikan aplikasi apa yang mengakses ijin mana. Penampilannya merujuk pada sedikit design dari Google Bugar untuk semuanya hal.

Selain mengawasi apa yang sudah dilakukan program dari dashboard privacy, Anda dapat mencabut ijin disana. Pemakai dapat membagi prediksi lokasi dengan aplikasi, bukannya lokasi yang pas untuk aplikasi yang cukup hanya lokasi umum.

  1. Remote kontrol

Dengan Android 12, handphone Anda segera dapat berperan double sebagai remote TV, minimal untuk piranti OS Android TV, termasuk yang mendukung Google TV, seperti Chromecast dengan Google TV.

  1. Pencarian perangkat universal

Fitur ini bekerja seperti Spotlight di iOS, memungkinkan Anda mencari program, file, dan konten lokal yang lain. Ini merupakan fitur yang dipunyai banyak peluncur pihak ke-3  di masa lalu (terutama penelusuran aplikasi). Saat ini resmi di Pixel Launcher di Beta 5.

Disamping itu pada Android 12 akan mendatangkan beberapa penyempurnaan pada Games Dasbor, Tulis text link dari Terkini, sampai Live Ruang.

Sedangkan Pada Games Dashboard, Andorid 12 tawarkan akses cepat ke alat rekaman monitor, tangkapan monitor, pengukuran FPS, sakelar DND, pintasan ke streaming YouTube, widget Play Games, dan menu optimalisasi games.

Jejeran Handphone Yang Dapat Mendukung Android 12:

  • Pixel : Pixel 3, Pixel 3 XL, Pixel 3a, Pixel 3a XL, Pixel 4, Pixel 4 XL, Pixel 4a, Pixel 4a 5G, Pixel 5, serta Pixel 5a
  • Asus : Zenfone 8
  • OnePlus : OnePlus 9 and 9 Pro
  • Oppo : Find X3 Pro
  • Realme : Realme GT 5G
  • Tecno : Camon 17
  • TCL : TCL 20 Pro 5G
  • Vivo : iQOO 7 Legend
  • Xiaomi : Mi 11, Mi 11 Ultra, Mi 11I, Mi 11X Pro
  • ZTE : Axon 30 Ultra 5G.

Also Read

Ads - Before Footer