8 Medsos Untuk Jualan Yang Populer : Jangan Sampai Bisnis Anda Go Down

Azza Azzahra

Sejak pandemi, banyak usaha yang harus mulai berpindah ke usaha online? Seperti, membuat web online shop, mempromokan lewat sosial media, dan menggunakan basis dari Google Ads. Mengapa? Karena langkah ini dipandang langkah baik supaya usaha Anda dapat terus bertahan.

Maka bila Anda punyai bisnis, cepatlah berpindah ke bisnis online dan optimalkan pemakaian program dan sarana yang ada. Anda dapat mengawalinya dengan manfaatkan medsos.

Nach, di artikel ini, kami akan memberinya referensi media sosial yang menjanjikan untuk mensukseskan bisnis Anda. Ingin tahu apa sajakah? Langsung saja, silahkan baca penuturannya di bawah ini.

Medsos benar-benar sangat pas buat menjadi salah satunya sarana pemasaran Anda. Berikut ini kami jabarkan aplikasi medsos untuk jualan yang terkenal di Indonesia. Tentu saja Anda tidak harus memanfaatkan seluruhnya untuk bisnis Anda.

Cukup pakai platform yang sesuai tujuan bisnis Anda. Kurang lebih medsos mana yang akan sesuai dengan usaha Anda?

Berikut Beberapa Medsos Untuk Jualan Yang Populer dan Mesti Anda Coba :

  1. Youtube

Tahukah Anda predikat jumlah pemakai medsos paling banyak digenggam oleh Youtube. Dari keseluruhan 150 juta pemakai internet di Indonesia, 88 % pemakainya memakai Youtube untuk memutar video, khususnya video musik.

Banyaknya pemakai Youtube di Indonesia ini pasti benar-benar memberikan keuntungan untuk Youtube. Tetapi, tidak cuman untuk Youtube, beberapa pemilik usaha yang ingin memperkenalkan dan mempromokan usaha diuntungkan.

Memang apa kegunaan yang didapat dari memakai YouTube untuk bisnis Anda?

Dengan memakai YouTube, Anda dapat membuat content video yang sesuai sasaran audiens atau sasaran pasar Anda.

Oh, ya supaya video Anda ada pada hasil penelusuran paling atas, Anda perlu optimasi video YouTube Anda. Untuk keterangan lebih dalam ketahui SEO YouTube, silahkan baca artikel kami mengenai Tutorial Komplet SEO YouTube.

Lalu, tonton perform video Anda dengan Youtube Analytics. Dengan pelajari catatan statistik video, Anda dapat memaksimalkan kembali beberapa konten video Anda. Baca keterangan lebih detilnya di artikel Youtube Analytics yang sudah kami buat. Di situ Anda dapat pelajari bagaimanakah cara menganalisa matrik di Youtube Analytics.

  1. WhatsApp

Sebagian besar pemakai internet di Indonesia memakai WhatsApp. Kemungkinan Anda satu diantaranya. Ada sekitaran 124 juta pemakai internet memakai WhatsApp di handphone mereka. Pemakainya juga bermacam, dimulai dari umur 16 tahun sampai 64 tahun.

Mereka umumnya memakai WhatsApp untuk berbicara dengan keluarga dan rekan. Sejumlah fitur yang gampang dipakai seperti chat, panggilan suara, dan video jadi kesukaannya.

Tidak cuman untuk komunikasi antara famili dan mitra, sekarang pemilik usaha bisa juga memakainya untuk usaha mereka. WhatsApp sudah mengeluarkan basis khusus bisnis, yakni WhatsApp Bisnis.

Berlainan dengan WhatsApp yang umum dipakai beberapa orang, WhatsApp Bisnis punyai feature khusus yang bisa mendukung keperluan komunikasi dan marketing pemilik usaha. Apa ya featurenya?

Penampilan profile bisnis yang terkonfirmasi dengan cheklist biru semakin lebih dipercayai oleh konsumen setia. Tidak dapat dipungkiri, sekarang ini banyak modus penipuan dari penjual gadungan. Nach, WhatsApp Usaha sediakan feature penataan profile usaha Anda dan akan diverifikasi oleh WhatsApp.

Ada tiga jenis balas pesan automatis yang ada di WhatsApp Usaha, yakni :

  • Away message – manfaatnya untuk membalas pesan pelanggan secara automatis saat Anda sedang di luar jam kerja atau pada kondisi off. Isi pesannya juga bisa Anda bikin dan mengatur sesuai keperluan usaha Anda.
  • Greeting Message – sama dengan namanya, feature ini memiliki fungsi untuk membalas pesan dengan panggilan saat konsumen setia pertama kalinya meng-chat Anda.
  • Quick Replies – dengan feature ini, Anda dapat membalas pesan dengan cepat tanpa perlu menulis lebih dulu. Cukup pencet tanda “/” saat membalas pesan, jadi daftar jawaban yang sudah Anda buat akan tampil.

Katalog Produk Bisnis Anda 

Anda bisa juga menambah info dan gambar produk Anda di feature Daftar. Konsumen setia jadi langsung bisa menyaksikan daftar produk yang Anda pasarkan.

Statistik Pesan 

Sesudah Anda mengirim broadcast penawaran di beberapa contact konsumen setia, Anda dapat mengevaluasi bagaimana datanya. Misalkan statistik pesan yang sudah terkirim, diterima, dan dibaca. Jika Anda ketahui datanya, Anda dapat memandang pesan mana yang efisien dan menilai tiap pesan.

Melabeli Pelanggan

Feature ini akan mempermudah Anda ketahui status konsumen setia Anda. Misalkan Anda menandai konsumen setia yang belum membayar dengan cap “Unpaid“. Jika sudah menandai konsumen setia, Anda dapat mengirimi pesan khusus untuk konsumen setia unpaid.

Dengan sejumlah fitur yang disiapkan oleh WhatsApp Usaha, Anda dapat secara mudah mempromokan usaha dan berbicara dengan konsumen setia Anda.

Untuk ketahui lebih detilnya berkenaan WhatsApp Usaha, silahkan baca artikel khusus kami mengenai WhatsApp Usaha di artikel Mengenali WhatsApp Usaha untuk Usaha Anda.

  1. Facebook

Facebook sebagai medsos dalam jumlah pemakainya yang selalu bertambah. Pada 2018, jumlah pemakai Facebook di Indonesia capai 130 juta pemakai. Dari jumlahnya itu, bentang umur paling banyak yang memakai Facebook yakni umur 20-29 tahun.

Populernya Facebook sebagai sosial media di Indonesia pas sekali jadi ladang untuk memperkenalkan bisnis Anda. Ditambahkan lagi sasaran audiens Anda banyak yang memakai Facebook. Tidak cuman memperkenalkan usaha, Facebook bisa juga Anda pakai untuk tingkatkan engagement, trafik web, dan memperoleh leads.

Lalu, bagaimana tekniknya?

Bikinlah halaman Facebook usaha dan isikan dengan beberapa konten yang memikat sama sesuai sasaran usaha Anda. Anda dapat membuat panduan singkat pemakaian produk, up-date produk, sampai referensi dari konsumen setia. Tidak terus-terusan pasarkan produk, Anda bisa juga membagi content enteng atau kuis.

Salah satunya misalnya, Loot Crate, sebuah perusahaan subscription box merchandise untuk gaming dan pencinta anime atau film. Dalam postingannya, Loot Crate ajak audience untuk bermain dan share gagasan. Kurang lebih superhero Marvel mana yang akan diputuskan untuk menantang Thanos.

Hasilnya, engagement posting itu tinggi. Nach, agar semakin detil mengenai taktik pemasaran di Facebook, baca artikel di bawah → Tutorial Facebook Pemasaran Komplet

Sesudah membuat content yang memikat, Anda dapat mencoba pakai feature ads dari Facebook. Feature ini bisa mempromokan halaman usaha atau iklan produk Anda agar dicapai oleh beberapa orang. Menariknya, Anda dapat tentukan audiens mana yang akan memperoleh iklan itu . Maka, content atau iklan Anda bisa dicapai oleh sasaran pasar yang akurat.

Untuk ketahui selengkapnya bagaimanakah cara memakai feature Facebook Ads,langsung baca artikel → Langkah membuat Facebook Ads dari A-Z.

  1. Instagram

Nyaris menandingi Facebook, Instagram rupanya mempunyai lebih dari 61 juta pemakai aktif di Indonesia. Bukti menariknya, jumlah pemakai Instagram dikuasai pemakai umur 18-24 tahun.

Bila sasaran audiens usaha Anda banyak memakai Instagram, mempromokan usaha di Instagram harus Anda kerjakan. Apa lagi menurut survei, sekitar 45 % pemakai Indonesia kerap beli produk yang mereka saksikan di Instagram.

Nach, di Instagram, Anda dapat membuat content menarik dengan manfaatkan beberapa service, seperti Feed, Instagram Story, dan IG TV. Dengan service itu, Anda dapat membuat membuat content untuk promo produk, rilis produk terkini, video referensial, sampai sesion live di Instagram Live. Anda bisa juga membuat video panduan di IG TV.

Misalkan, seperti The Bodi Shop Indonesia. Mereka membuat membuat content panduan make up dan skincare routine di IG TV account Instagramnya. Audience juga tertarik sama panduan itu hingga video itu dapat memperoleh engagement yang tinggi.

Anda bisa juga manfaatkan feature khusus dari Instagram, yakni Instagram Ads. Feature ini serupa dengan Facebook Ads. Iklan Anda dapat ada di instagram stories atau feed dari sasaran audiens Anda. Cukup atur audiens mana yang bakal Anda sasar. Anda bisa juga pilih ingin membawa audiens ke account instagram Anda atau ke web online shop Anda.

Oh iya, Anda juga dapat bekerja bersama dengan beberapa influencer di Instagram untuk memperkenalkan merek Anda. Dari berpromosi di Instagram, pemasaran usaha Anda jadi berkesempatan alami kenaikan. Bila Anda tertarik ketahui lebih dalam langkah berpromosi di Instagram dengan feature Instagram Ads, silahkan baca artikel Langkah Membuat Instagram Ads untuk Pemula.

  1. Twitter

Anda ingat cerita KKN Dusun Penari? Narasi ini menceritakan satu kelompok mahasiswa yang jalani KKN dalam suatu dusun menyeramkan. Tenang dahulu, di bab kami tidak membahas detil narasi itu. Tetapi, yang memikat ialah narasi itu trending dan berawal dari sebuah thread di Twitter.

Bermula dari Twitter, cerita itu bisa saja topik trending di semua dunia maya. Disini, kita dapat mengetahui jika pemakai Twitter cepat sekali memberi respon topik yang viral.

Hal tersebut bisa dibuktikan dari statistik pasar sharing di Twitter Indonesia pada 2019 alami kenaikan jadi 42,75%. Info menarik ini bisa saja argumen kenapa Anda harus coba Twitter Pemasaran. Ditambahkan lagi, jumlah pemakai Twitter di Indonesia tempati status paling banyak sesudah Instagram.

Berita baik yang lain, di Twitter, memungkinkannya Anda dapat memperoleh exposure semakin tinggi. Tweet Anda dapat ada di timeline pemakai yang menyenangi, meretweet, membalasnya, dan mem-promote tweet Anda. Dari sarana ini, penganut pemakai itu jadi bisa juga menyaksikan tweet Anda.

Misalkan, Netflix, basis seri sinetron dan film dari Amerika ini kerap membuat thread di Twitter. Di posting itu, Netflix minta audience share pengalaman dan akan membagi film untuk dilihat. Hasilnya, beberapa orang yang share pengalaman dan menyenangi thread itu.

Nach, bila Anda ingin mencapai semakin banyak pemakai Twitter secara cepat, Anda dapat memakai feature Twitter Ads. Dengan feature ini, Anda bisa menarget pemakai yang mempunyai ketertarikan yang sesuai usaha Anda . Maka. iklan Anda semakin lebih efisien mengarah sasaran pasar Anda.

  1. Line

Selain WhatsApp, ada sosial media berbasiskan pesan yang lain terkenal di Indonesia, yakni Line. Faksinya menjelaskan pemakainya capai 90 juta pemakai. Menariknya 80% pemakainya sebagai remaja.

Bila sasaran audiens Anda banyak yang memakai Line, Anda pasti perlu lakukan beberapa taktik pemasaran di basis ini.

Berita baiknya, Line punyai Line@, yakni basis khusus untuk mempermudah pemilik usaha jalankan taktik pemasarannya. Yang spesial dari Line@ adalah terpadu dengan contact Line. Hingga contact yang sudah disimpan di account Line akan secara automatis disimpan di Line@.

Maka Anda tidak perlu menginput satu-satu contact untuk mengirimi broadcast pesan.

Langkah gampang yang lain supaya bisa memperoleh database contact Line konsumen setia adalah cukup memberikan link Line@ Anda di web Anda. Bila pengunjung web click link itu, secara automatis account Line pengunjung itu akan disimpan di database follower Line@ Anda.

Feature yang lain adalah terdapatnya feature balas automatis bila ada pesan masuk di luar jam operasional Anda atau Anda pada kondisi off. Menariknya, Line@ dapat membalasnya secara automatis sesuai keyword tertentu. Dengan demikian, Komunikasi Anda dengan konsumen setia tetap baik.

Sesudah mengirimi pesan broadcast dan membuat content di timeline, Anda dapat memeriksa perform pesan Anda dengan feature statistik. Dari catatan statistik itu, Anda dapat menganalisa mengurus pesan dan content Anda supaya lebih maksimal.

  1. LinkedIn

Media sosial yang satu ini lebih dikenali sebagai media sosialnya sejumlah profesional karyawan. Di LinkedIn pemakai dapat membuat profile seperti Curriculum Vitae untuk membuat rekam jejak yang bagus di mata beberapa HR.

Tetapi, rupanya tidak cuman karyawan professional saja, usaha Anda juga bisa juga manfaatkan LinkedIn untuk mempromokan usaha.

Perlu Anda kenali jika pemakai LinkedIn di penjuru dunia capai 675 juta pemakai yang menyebar di 200 negara. Sementara di Indonesia, jumlah pemakai LinkedIn capai 12 juta pemakai.

Nach, coba posting beberapa content yang memikat dengan teratur untuk tingkatkan merek awareness di halaman Linkedin usaha Anda.

Tidak terus-terusan harus promo produk, kok. Di Linkedin business, Anda dapat sharing content menarik sekitar panduan interviu, seperti yang sudah dilakukan oleh Amazon. Karena Linkedin sebagai basis yang sering digunakan oleh beberapa pencari pekerjaan, content ini tentu akan berguna dan tentu saja dapat memperoleh engagement yang tinggi.

Nach, ada pula beberapa feature dari LinkedIn yang dapat Anda gunakan ialah content bersponsor, teks ads, dan InMail bersponsor.

  • Konten bersponsor – fitur ini dapat mempromosikan postingan-postingan Anda agar dapat dijangkau oleh lebih banyak pengguna.
  • Text ads – fitur ini merupakan iklan teks berbayar (pay per click) yang bisa muncul di homepage LinkedIn, halaman profil, atau halaman hasil pencarian.
  • InMail bersponsor – fitur ini mirip dengan email marketing. Namun, di fitur ini, Anda bisa secara otomatis mengirimkan pesan penawaran ke anggota LinkedIn yang sedang online.

Paling akhir, Anda dapat memperhatikan perform halaman LinkedIn Anda dengan feature LinkedIn Analytics. Dengan itu, Anda dapat menyaksikan siapakah yang berkunjung halaman LinkedIn Anda, bagaimana interaksinya dengan beberapa konten Anda, dan menyaksikan perform iklan Anda . Maka, Anda dapat mengoptimalkan content dan profile Anda.

  1. Tik-Tok

Siapa yang menyukai bermain Tik Tok? Media sosial yang memprioritaskan feature video ini sedang hits di kelompok anak muda Indonesia, khususnya umur 16-24 tahun. Walau sempat dikunci oleh pemerintahan Indonesia, Sekarang Tik Tok sukses jadi sosial media terkenal di Indonesia.

Bahkan juga, Tik Tok digadangkan sanggup menandingi ketenaran Instagram. Program ini mempunyai 625 juta pemakai aktif di penjuru dunia. Di Indonesia sendiri, Tik Tok mengklaim mempunyai 10 juta pemakai aktif.

Angka yang cukup fenomenal untuk program yang rekat dengan stigma pemakai alay di Indonesia. Tetapi, dibalik asumsi alay itu, siapa kira Tik Tok rupanya dapat digunakan untuk mempromokan usaha Anda?

Bagaimana triknya? Ada cara-cara yang dapat Anda kerjakan untuk mempromokan usaha Anda di Tik Tok.

  1. Membuat video kreatif

Tidak sekedar hanya joget-joget, ada beberapa gagasan content inovatif yang lain yang dapat Anda bikin untuk promo usaha Anda. Bila Anda punyai usaha kulineran, Anda dapat membuat video panduan menu Unggulan usaha Anda.

Misalkan merek mode Calvin Klein. Mereka memakai TikTok untuk promo produk terkini mereka.

Contoh yang lain misalkan, Sephora, sebuah toko skincare dan kosmetik. Mereka manfaatkan peristiwa hari lipstik nasional untuk membikin video tiktok lewat produk lipstik yang dijualnya.

  1. Memakai Feature Hashtag Challenges

Pemakai Tik Tok selalu sukai challenge. Hashtag Challenge ini rupanya bisa juga langkah untuk promo usaha Anda. Yang penting Anda kerjakan ialah membuat ide challenge-nya dan mengajak seseorang untuk melakukan.

Langkah ini rupanya sudah dipakai oleh merek terkenal seperti Guess dengan hashtag challenge #InMyDenim. Idenya simpel, cukup diawali dengan kenakan pakaian kusam, lalu jadi lebih optimis saat memakai outfit dari Guess.

Hashtag challenge ini sebetulnya mempunyai tujuan untuk membuat merek awareness dan membuat engagement pemakai lewat produk usaha Anda.

Anda bisa juga memakai feature promo berbayar hashtag challenge, hingga hastag challenge Anda bisa dicapai semakin banyak pemakai.

  1. Bekerja sama dengan Influencer

Bekerja sama dengan influencer di Tik Tok bisa meluaskan capaian usaha Anda. Tetapi, saat sebelum pilih influencer, yakinkan audiens influencer itu sesuai audiens sasaran pasar Anda.

  1. Gunakan Tik Tok Ads

Tik Tok sendiri sudah sediakan feature iklan untuk beberapa pemilik usaha yang ingin manfaatkan kepopuleran program ini. Feature ads Tik Tok nyaris serupa dengan ads punya Facebook.

Feature ini bisa menolong Anda mencapai semakin banyak pemakai untuk menyaksikan iklan Anda. Anda pun tentukan siapa sasaran audiens yang bakal Anda sasar. Dari sana Anda dapat pastikan iklan Anda mencapai pemakai yang pas yang tertarik lewat produk yang Anda pasarkan.

 

Sesudah membaca rincian di atas, saat ini Anda ketahui jika ada beberapa media sosial yang dapat dipakai untuk keberhasilan usaha Anda, kan? Tetapi, berpromosi di sosial media saja tidak cukup. Anda harus juga punyai web untuk usaha.

Kenapa? Dengan punyai web, kesempatan web Anda ada di Google akan tinggi. Jika Web Anda telah ada di Google, kesempatan usaha Anda diketemukan oleh beberapa orang menjadi lebih tinggi. Tidak itu saja, web akan membuat usaha Anda kelihatan lebih dapat dipercaya.

Dengan berpindah ke bisnis online, Anda dapat mencapai semakin banyak konsumen setia dan berkesempatan tingkatkan pemasaran produk atau service usaha Anda. Maka, nantikan apalagi, selekasnya berpindah ke usaha online dan capai keberhasilan usaha Anda.

 

Also Read

Ads - Before Footer