Strategi Bisnis Online di Masa Pandemi

5+ Strategi Bisnis Online di Masa Pandemi

Pandemi yang terjadi membuat semua lini terimbas, apalagi bidang ekonomi. karenanya, perlu strategi bisnis online di masa pandemi.

Banyak pegawai yang di PHK jadi pelaku bisnis pemula. Banyak pula mahasiswa yang cari tambahan dengan jadi reseller dan dropshipper. Bagi para pemula akan kesulitan untuk mengawali bisnis online, karena terjadi lonjakan pelaku bisnis dibidang ini sedang pembelinya menurun dampak berkurangnya tingkat konsumsi warga karena pandemi.

Kompetisi sebetulnya membuat suatu bisnis atau merek bisa semakin berkembang. Tetapi, jika kompetisinya mulai kurang sehat dengan banting-bantingan harga supaya jadi yang paling murah, malah akan merepotkan bisnis tersebut.

Pelaku bisnis pemula akan kesulitan cari konsumen setia, dan pelaku bisnis modal besar dapat serok konsumen setia dengan potongan harga menggila. Ini akan mematikan pelaku bisnis pemula, kemudian pelaku bisnis modal besar dapat memonopoli perdagangan.

Berikut beberapa strategi bisnis online di masa pandemi yang patut di coba :

  • Melakukan segmentasi konsumen

Sebelum Anda kuatir pada harga pesaing yang tambah murah, coba Anda evaluasi kembali segmentasi customer Anda. Apa kompetitor betul-betul mempunyai sasaran customer yang serupa dengan Anda? Karena, kadang tiap merek atau bahkan juga tiap produk pada sebuah merek dapat diperuntukkan ke sasaran customer dengan kategorisasi yang lain.

  • Buat harga paket (bundling) yang menarik

Strategi ini bisa juga Anda aplikasikan untuk dapat terus berkompetisi. anda bisa menggabungkan dua produk sekaligus. jika konsumen membeli dua produk bersamaan, mereka akan mendapat harga spesial, berupa potongan harga yang tidak didapat konsumen jika membeli produk sendiri sendiri, atau tidak bundling.

  • Tentukan Produk dengan Kompetitor Sedikit

Makin banyak kompetitor, berarti makin besar kesempatan untuk terjadi perang harga. Itu membuat usaha Anda untuk bisa menang jadi lebih berat.

Trending:  Bisnis Online Rumahan Tanpa Modal 2021, Layak Dicoba!

jika seperti ini, anda bisa menambah inovasi pada dagangan anda agar konsumen anda bisa bertambah. selain itu, anda bisa membuat packaging produk yang lebih menarik dengan  menambahkan variasi baru, sampai memberikan sentuhan kreasi lain dari cara Anda melakukan promo.

  • Bangun sumber penghasilan tambahan

Masa pandemi membuat beberapa pemilik bisnis harus memutar otak lebih keras supaya bisa bertahan. Membuat sumber penghasilan tambahan menjadi jalan keluar di tengah-tengah kompetisi pasar yang makin bersaing.

Contoh, Anda jual produk konveksi – Anda dapat menghasilkan masker kain yang sering diperlukan sekarang ini. Jual satu paket lewat produk yang sudah ada sebelumnya.

atau jika Anda berbisnis minyak wangi, sabun mandi, atau lotion, dapat tambah produk baru seperti hand sanitizer. Meski pandemi memberikan imbas merugikan, tetapi di lain sisi memberikan Anda kesempatan untuk dapat membuat penghasilan lain dan membantu Anda tetap dapat berkompetisi dengan beberapa pesaing.

  • Jaga kesetiaan customer

Kesetiaan customer ini benar-benar berguna bila anda menjalankan bisnis lewat instagram. Kenapa? Karena konsumen setia instagram lebih memiliki sifat ke segmented, bukan generalisasi. Mereka mem-follow account yang paling dipercaya dan abonemen di situ.

Berbeda dengan e-commerce yang tinggal search kata kunci,dan selanjutnya membeli. E-commerce tidak begitu perduli dengan toko penjual. Ini adalah Strategi bisnis online di Instagram.

Bidik konsumen setia Anda sendiri dengan membuat produk yang mereka harapkan supaya mereka masih tetap bertahan menyukai brand Anda. Gunakan sosial media semaksimal mungkin agar komunikasi dengan pelangga setia tetap berlanjut.

  • Menjaga aliran kas bisnis tetap lancar

Banyak Strategi bisnis online di Instagram. Satu diantaranya merekomendasikan kita untuk berpromosi di akun-akun yang strategis. Bukan Iklan yang mahal. sebaiknya anda lakukan promo menurut anda sendiri saja, agar keuangan kas tidak menurun bahkan jeblok, hanya untuk promo.

Trending:  7 Cara Mendapatkan Uang Dari Instagram Dengan Mudah

Tidak cuma promo yang penting terus-menerus Anda kerjakan. Keadaan keuangan bisnis juga harus Anda stabilkan. Saat cash flow bisnis macet, aktivitas promo serta produksi bisa jadi berhenti. Bila tidak berhati-hati, cash flow bisnis yang kurang sehat dapat bawa kritis untuk kelangsungan bisnis Anda.

saat menghitung dengan teliti prediksi masuk keluarnya kas di bisnis Anda. Pastikan Anda mempunyai sumber penghasilan kas yang bisa menutupi pengeluaran kas bisnis Anda.