5 Kunci Sukses Berbisnis Untuk Para Generasi Muda

5 Kunci Sukses Berbisnis Untuk Para Generasi Muda

Setiap pengusaha tentu ingin capai keberhasilan dalam usahanya. Tetapi, untuk meraihnya tidak instant. Diperlukan usaha dan semangat yang besar hingga saat hadapi rintangan atau ketidakberhasilan, tidak langsung berserah demikian saja pada usaha.

 

Maya Miranda Ambarsari, Presiden Direktur PT Batamec Shipyard sampaikan lima kunci keberhasilan usaha yang digenggamnya dalam jalankan satu usaha hingga menjadikan sebagai salah satunya wanita pebisnis sukses di Indonesia. Berikut 5 kunci sukses berbisnis untuk generasi muda :

5 Kunci Sukses Berbisnis Untuk Para Generasi Muda

  1. Communication skill

 

Communication kemampuan atau kekuatan berbicara. Menurut dia, ini jadi penting untuk diaplikasikan hingga kita bisa berbicara dengan beragam kelompok untuk meningkatkan usaha yang digerakkan.

 

“Bagaimana kita dapat tawarkan satu produk atau servis yang baik bila kita tidak paham bagaimanakah cara mengomunikasikannya. Dengan kekuatan komunikasi yang bagus karena itu barang atau produk yang kita pasarkan itu bisa menjadi suatu hal yang mempunyai harga jual tinggi,” katanya saat menjadi satu diantara pembicara streaming langsung podcast Simac TV dengan topik “Peranan Santri Milenial dan Pemuda dalam Ekonomi Kerakyatan”.

 

  1. Networking

 

Di dalam menjalankan usaha, networking sebagai suatu hal yang perlu dibuat dan dijaga hingga bisa memberinya kesempatan ke kita.

 

“Selainnya mempunyai komunikasi yang bagus, seorang pebisnis harus juga sanggup membuat network yang luas hingga ia dapat memperoleh banyak kesempatan. Misalkan dengan turut masuk ke satu komune seperti HIPMI atau SIMAC,” jelasnya.

 

Dalam membuat network itu, menurut dia tidak harus berasa lebih pintar dari lainnya. Justru seharusnya dengan banyak memiliki jaringan karena itu makin banyak juga evaluasi, info, dan saran yang dapat didapat.

Trending:  Mengenali Serta Memahami Ciri-Ciri Bisnis Syariah

 

  1. Teamwork

 

Dalam menjalankan bisnis, Maya menjelaskan jika kita tidak bisa bekerja sendiri hingga diperlukan kerja-sama atau tim work yang kompak. “Mempunyai superteam yang luar biasa akan membuat kita jadi lebih kuat,” katanya.

 

  1. Do the Best

 

Seorang pengusaha harus juga selalu lakukan yang terbaik dengan memberinya perform yang bagus hingga bisa kelihatan bagus di mata mitra. Disamping itu yang paling penting adalah jangan sampai stop untuk belajar.

 

“Usaha itu bukan mencoba, usaha itu memerlukan konsentrasi dan harus betul-betul kerjakan yang terbaik. Ntah itu nilainya seribu, sepulu juta atau 100 miliar, harus sama konsentrasinya. Itu yang diberi nama do the best. Konsentrasilah dan melakukan yang terbaik,” jelasnya.

 

  1. Percaya pada Tuhan

 

Setelah semua yang terbaik dilaksanakan karena itu berikan semua pada Tuhan apa saja upayanya. Maya benar-benar yakin jika usaha tidak mengkhianati hasil. “Saat kita telah lakukan yang terbaik selanjutnya tidak berhasil, saya tak pernah menjelaskan ini ketidakberhasilan tetapi malah jadi pengalaman. Ketidakberhasilan itu yang membuat kita terus berproses. Dan Allah pasti memberinya yang terbaik pada kita, berikan semua pada-Nya,” tutur Maya.

 

Dalam peluang yang serupa Gus Syauqi Ma’ruf Amin, Ketua Dewan Pembimbing Simac menjelaskan jika dalam jalankan bisnis apa saja, seorang harus menemaninya dengan rasa sukur. “Semuanya berproses, karena orang dari ketidakberhasilan belajar agar semakin kuat dan semakin kuat karena tidak ada keberhasilan yang instant, semua memerlukan proses,” katanya.