10 Aplikasi Pembersih Sampah Terbaik untuk PC dan Laptop

Penggunaan komputer yang cukup sering, bisa membuat kemampuan komputer semakin hari terus menurun. Hal ini bisa dikarenakan oleh beberapa faktor. Salah satu yang sangat berpengaruh dan kadang tidak disadari oleh kita adalah keberadaan file yang tidak terpakai dan menumpuk di dalam system.

File inilah yang bisa membuat performa komputer terus melambat, bahkan jika terus diabaikan maka mungkin saja dapat merusak sistem secara keseluruhan. Untuk mencegah sebelum hal itu terjadi, kami akan merekomendasikan beberapa aplikasi pembersih sampah terbaik untuk PC atau Laptop yang kalian miliki. Berikut ini daftar software pembersih laptop:

 

  1. Disk Cleanup

Disk Cleanup merupakan salah satu aplikasi pembersih sampah bawaan dari Windows yang juga cukup efektif untuk meningkatkan performa Komputer kalian. Selain cara menggunakannya cukup mudah dan simpel, Kinerja untuk membersihkan file sampah pada Operating System Windows juga cukup mumpuni, bahkan bisa dibilang tidak kalah  dengan aplikasi pembersih sampah Komputer lainnya yang beredar di pasaran yang berbayar.

Walaupun aplikasi ini jarang dipakai sebagai aplikasi utama, Tapi kinerjanya dalam membersihkan file sampah komputer tidak bisa diragukan lagi. Untuk memakai Disk Cleanup, cukup klik kanan pada drive yang mau dibersihkan dari file sampah yang tidak terpakai, Klik Properties, kemudian klik Disk Cleanup. Setelah proses pemindaian selesai, klik file yang ingin dihapus lalu pilih “Clean up system files”.

 

  1. CCleaner

CCleaner adalah aplikasi pembersih sampah PC berikutnya. Aplikasi pembersih sampah PC yang dikenal mempunyai fungsi yang cukup komplit. Salah satu fungsi yang menarik adalah adanya fungsi “Duplicate Finder” yang bisa memindai file duplikat atau file ganda serta dapat langsung membersihkannya.

Selain itu juga, CCleaner juga bisa membersihkan PC atau Laptop dari berbagai macam file sampah seperti thumbnail, cache, registry entry, temporary file, smpai browser tracker yang ada di Harddisk secara keseluruhan.

Karena kualitasnya yang sangat baik, aplikasi ini menjadi salah satu aplikasi yang cukup disarankan untuk melindungi system computer agar tetap bersih dan juga sekaligus meningkatkan performa computer.

 

  1. AVG PC TuneUP

Selanjutnya Aplikasi pembersih sampah terbaik untuk PC lainnya yang bisa kalian pakai adalah AVG PC TuneUp. Aplikasi ini adalah pembersih sampah PC yang dikenal cukup baik juga untuk membersihkan file sampah dan juga menjaga system komputer dari segala gangguan virus maupun Malware.

Trending:  Biar Internet Lebih Ngebut, Begini Cara Mengubah Jaringan 4G ke 5G

AVG PC TuneUP juga dilengkapi dengan fungsi “Schedule & automatic routine maintenance” untuk membantu kalian merawat komputer secara otomatis. Bahkan di aplikasi ini juga dilengkapi fitur “Sleep Mode”, fungsi ini juga dapat membantu kalian untuk mematikan sementara beberapa program yang tidak dibutuhkan.

Jika kalian ingin mempunyai kinerja komputer lebih maksimal, maka AVG PC TuneUp dapat menjadi salah satu opsi yang disarankan.

 

  1. IOBit Advanced SystemCare

IOBit Advanced SystemCare merupakan salah satu pembersih sampah PC yang mempunyai tampilan menarik serta mudah penggunaanya. Aplikasi pembersih sampah yang satu ini mempunyai berbagai fungsi dasar yang dapat dipakai oleh kalian seperti menghapus file sampah seperti cache, shortcut, cookies, sampai registry yang sudah tidak terpakai lagi dalam system komputer.

Salah satu fungsi yang dimiliki oleh IOBit Advanced System Care, adalah adanya fungsi ekstra seperti “Turbo Boost dan Anti Malware” yang dapat melindungi komputer dari semua serangan virus ataupun Malware yang bisa merusak system computer kalian.

 

  1. Glary Utilities

Selanjutnya yaitu Glary Utilities. Aplikasi ini mempunyai dua versi, yaitu versi gratis dan berbayar. Beda kedua versi tersebut diketahui dari fungsi yang ditampilkan, yang mana pada versi berbayar fungsi yang ditampilkan jauh lebih komplit. Glary Utilities merupakan salah satu Aplikasi pembersih sampah PC yang cukup terkenal di kalangan pengguna PC.

Beberapa fungsi yang dapat kalian pakai ketika menggunakan aplikasi ini antara lain privacy and Security, clean and repair, system tools, Optimize & Improve, serta files and folders. Beberapa fungsi tersebut dikenal memiliki kinerja yang optimal untuk membersihkan file sampah pada PC yang dapat menjadikan komputer kalian terasa lamban saat digunakan.

 

  1. Storage Sense

Fungsi bawaan dari Windows 10 ini dapat dijadikan instrument untuk mengatasi file sampah tanpa harus memasang aplikasi ekstra. Jika aktif Storage Sense dapat membersihkan file sampah secara langsung Ketika harddisk sudah penuh. Kalian bisa mengatur jumlah dan berapa besar sisa penyimpanan sampai fungsi ini melakukan pembersihan secara langsung.

Trending:  Tips Mencuci Baju, Lebih Awet dan Lebih Tahan Lama

 

Aplikasi ini juga bisa digunakan untuk “scanning harddisk” untuk memindai beberapa file sampah PC seperti temporary file dan cache seperti aplikasi pembersih sampah lainnya. Ketika dirasa perangkat mulai terasa lemot dan daya tampung memori yang tersisa (terutama pada drive C) sedikit maka kalian dapat memakai fungsi ini.

 

Berikut cara mengaktifkan dan memakai Storage Sense:

Buka Settings.

Pilih menu System > Storage > Configure Storage Sense or run it now > klik sampai menjadi On di bagian Storage Sense > Pilih jadwal pembersihan otomatis, misal Every month (disesuaikan keinginan kalian) > Centang di bagian Delete temporary files > pilih jadwal pembersihannya

Di bagian Delete files in My Download folder pilih Never.

Kalian bisa juga melakukan pemindaian secara manual Ketika membersihkan file sampah yang ada di hard disk dengan memakai Storage Sense, ini bermanfaat untuk mempercepat kinerja Windows 10 secara menyeluruh. Caranya dengan menekan tombol Clean now di bagian menu paling bawah dari Storage Sense.

Tunggu sampai proses pemindaian selesai, setelah itu tekan lagi tombol Clean now untuk meyakinkan bahwa file sampah sudah dibersihkan.

 

  1. RevoUninstaller

Aplikasi revo uninstaller ini dipakai untuk membersihkan file sampah aplikasi di windows 10, Ketika kalian menghapus program di Windows maka sesungguhnya tidak semua file dari aplikasi tersebut benar-benar hilang. Terkadang masih terdapat file sisa yang tersimpan di komputer yang berupa cache, temporary files, app data, registry entry, maupun jenis left over file lainnya.

Untuk menghapus file sampah sisa dari uninstall aplikasi, maka kalian dapat memakai bantuan aplikasi Revo Uninstaller. Aplikasi ini dipercaya dapat membersihkan aplikasi hingga bersih ke akar-akarnya.

Aplikasi Revo Uninstaller ini bisa juga kalian pakai untuk uninstall program di Windows untuk meyakinkan bahwa tidak ada file sampah yang tertinggal.

 

  1. Avast Cleanup

Avast Cleanup merupakan aplikasi pembersih file sampah PC yang dikembangkan oleh perusahaan antivirus terkenal, Avast Antivirus. Kalian mungkin sudah tidak asing dengan namanya atau mungkin sudah memakainya. Aplikasi ini juga sangat kuat untuk melindungi system agar tetap bersih dan ringan.

Trending:  Redmi Luncurkan Laptop Gaming Sangar Dengan Harga Terjangkau

Avast Cleanup dapat melakukan deep scan untuk memindai beberapa file yang sudah tidak terpakai lagi di system Windows dan membersihkannya, hal ini dapat menambah ruang di harddisk untuk kebutuhan lainnya yang lebih penting.

Sebagai developer antivirus yang sudah sangat berpengalaman di bidangnya, Avast Cleanup juga menawarkan fungsi yang bisa memindai bloatware serta aplikasi yang tidak berguna lainnya yang dapat memberatkan kinerja komputer.

 

  1. Ashampoo WinOptimizer

Ashampoo WinOptimizer adalah aplikasi pembersih file sampah di Windows yang juga cukup mumpuni. Aplikasi ini dapat dipakai untuk menghapus file sampah yang ada di system Windows dan melindungi performanya agar tetap maksimal.

Salah satu fungsi yang paling disukai adalah 1-click optimization yang bisa mengerjakan beberapa fungsi sekaligus, mulai dari melakukan pemindaian sampai membersihkan file sampah komputer secara sempurna, membersihkan file cache, scan registry entry dan sisa browser, sehingga bisa menambah ruang baru pada hard disk.

Aplikasi ini juga mempunyai fungsi protect yang bermanfaat sebagai pendeteksi file yang kalian unduh ke komputer, melakukan pemindaian, sehingga jika file tersebut terdapat kode berbahaya seperti virus, malware atau spyware, maka akan diketahui dan kalian dapat dengan mudah untuk menghapusnya. Kalian dapat mencoba versi gratis terlebih dahulu, namun bila ingin mempunyai fitur yang lebih komplit, maka bisa membeli yang versi Pro.

 

  1. Total PC Cleaner

Total PC Cleaner adalah aplikasi pembersih file sampah yang disediakan di Microsoft Store. Selain itu aplikasi ini juga dapat dipakai untuk mengoptimasi penggunaan memory untuk menjaga Windows 10 tetap enteng.

Penampilannya yang sederhana, membuat aplikasi ini begitu mudah dipakai, tampilan  utamanya hanya terdapat satu halaman saja untuk mengerjakaan pemindaian. Cara memakainya pun sangat mudah, kalian hanya tinggal memilih jenis file sampah apa saja yang ingin dibersihkan lalu menekan tombol Scan.

 

Demikian, Semoga bermanfaat

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *